Kemendes Kini Jadi Lahan Basah. Parpol Mulai Sikut-sikuan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kemendes Kini Jadi Lahan Basah. Parpol Mulai Sikut-sikuan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Perputaran dana miliaran rupiah setiap tahunnya membuat kursi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi jadi incaran oleh partai politik pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Bagi pengamat politik Ray Rangkuti, posisi ini sangat strategis untuk parpol melakukan investasi jangka panjang, khususnya dalam pemilu.

“Posisi Mendes ini bukan saja soal wibawa, tapi soal elektoral,” ujarnya dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (23/7).

Ray membeberkan alasan mengapa PKB sempat gerah ketika KemenPAN RB merilis bahwa kinerja Kemendes mendapatkan nilai buruk. Bahkan PKB sempat menduga ada upaya konspirasi untuk merebut kursi yang kini diduduki oleh Marwan Jafar tersebut.

Hal ini menurut Ray tak mengherankan. Sebab, bisa menguasai posisi kementerian desa bisa menjami tiket presiden di pemilu mendatang.

“Uang 1 miliar per desa. Calon Presiden masa depan itu orang yang duduk di Kemendes. Tiap tahun 1 miliar. Makanya PDIP menghendaki posisi Kemendes diambil. Bahkan beredar isu diinternal PKB bahwa jatah menteri boleh diambil, asal bukan Mendes,” paparnya.

Ray menambahkan, jika Partai Golkar bisa mendapatkan kursi Menteri Desa, maka Ray menilai mereka hanya butuh satu kursi saja untuk melakukan investasi menuju Pemilu 2024.

“Golkar enggak butuh dua menteri kalau dapat Kemendes. Ini kan target mereka 2024, bukan 2019. Bayangkan kalau sudah ada investasi di desa. Jadi menurut saya sekarang ada tiga parpol yang berebutan disana, PKB, PDIP dan Golkar,” demikian Ray. [sam/rmol]

Click to comment
To Top