Dampingi Korban Vaksin Palsu, Komnas PA Siap Gugat RS Harapan Bunda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Dampingi Korban Vaksin Palsu, Komnas PA Siap Gugat RS Harapan Bunda

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) akan menindaklanjuti aduan aliansi orang tua korban vaksin palsu Rumah Sakit Harapan Bunda. Mereka berencana membuat surat resmi untuk melakukan mediasi antara orang tua korban dan pihak rumah sakit.

Karena itu, Sekretaris Jenderal Komnas PA Danang Sasongko meminta agar para orang tua mengumpulkan data anaknya. Khususnya, ketika ada dampak yang di rasa aneh setelah menerima vaksin dari rumah sakit itu. Sebagai contoh, adanya benjolan yang diterima anak usai mendapat suntikan vaksin.

“Bagaimana dampak yang terjadi. Seperti tadi soal benjolan. Kami butuh database. Kami akan buat surat resmi ke rumah sakit untuk memediasikan dan menyelesaikan ini. Dua tiga hari ini kami tindaklanjuti,” ujarnya di Kantor Komnas PA di Pasar Rebo, Jakarta, Senin (25/7).

Tak hanya melakukan mediasi, Komnas PA juga membantu para orang tua yang anaknya terkena vaksin palsu menuntut pertanggungjawaban RS Harapan Bunda. Pemerintah dianggap perlu memberikan sanksi tegas sebagai efek jera.

Pemerintah juga perlu melakukan tindakan medis. Komnas PA akan melakukan pendampingan lantaran efek yang ditimbulkan vaksin palsu bukan hanya dalam jangka pendek. “Komnas perlindungan anak akan buat posko dan dampingi anak-anak. Nanti kita data anaknya berapa banyak. Efek yang ditimbulkan seperti apa,” tutur Danang.

Komisioner Komnas PA bidang bantuan hukum, Mike Mariana Siregar menambahkan, vaksin ulang tidak akan menyelesaikan masalah. Pihak rumah sakit harus mengeluarkan rilis daftar anak yang diberikan vaksin sejak 2003.

Jika terbukti ada kesalahan dari pihak manajemen RS Harapan Bunda terhadap peredaran vaksin palsu, pihaknya akan melayangkan gugatan ke pengadilan. “Kami akan gugat rumah sakit,” pungkasnya. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top