Hukuman Mati Perlu untuk Kejahatan Luar Biasa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Hukuman Mati Perlu untuk Kejahatan Luar Biasa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Politikus Partai Hanura, Sarifuddin Sudding menilai pelaksanaan hukuman mati masih diperlukan untuk kejahatan yang bersifat extraordinary. 

Di samping ada upaya efek jera menurut Sudding, eksekusi hukuman mati juga menyangkut masalah kedaulatan hukum Indonesia.

“Saya kira eksekusi hukuman mati ini masih tetap harus diberlakukan untuk kasus-kasus gembong narkoba dan teroris,” kata Sudding, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (25/7).

Menyikapi masih ramainya perdebatan, apakah hukuman mati jadi hukuman pokok atau alternatif, anggota Komisi III ini menyatakan tetap pada aturan hukum sebelumnya. “Hampir semua kawan-kawan di DPR menyatakan masih tetap pada aturan hukum sebelumnya, yakni hukuman mati masih jadi pidana pokok,” ungkapnya.

“‪Ini juga menyangkut kedaulatan hukum Indonesia. Artinya, kalau pengadilan sudah menjatuhkan putusan harus dilaksanakan karena menyangkut eksistensi lembaga peradilan Indonesia agar pihak-pihak yang sudah dijatuhi hukuman mati segera dieksekusi,” imbuhnya. (fas/jpnn)

Click to comment
To Top