Tiba di Pengadilan Tipikor, Ahok Lakukan Aksi Tutup Mulut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Tiba di Pengadilan Tipikor, Ahok Lakukan Aksi Tutup Mulut

24170_42266_ahok jawapos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ada yang berbeda dari sikap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Orang nomor satu di DKI Jakarta itu biasanya royal berbicara kepada media, namun setiba di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta malah melakukan aksi tutup mulut.

Ahok, begitu dia disapa, hadir di Pengadilan Tipikor dipanggil sebagai saksi dalam sidang perkara suap pembahasan Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTRKSP).

Ahok dihadirkan sebagai saksi untuk dua terdakwa, mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja dan Trinanda Prihantoro.

Ahok yang tiba sekira pukul 14.55 WIB ini enggan memberikan keterangan terkait kehadirannya. Mantan Bupati Belitung Timur itu memilih langsung masuk ke ruang tunggu sebelum memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (25/7).

Sebelum Ahok hadir, staf khususnya Sunny Tanuwidjaja telah hadir lebih awal. Sama seperti Ahok, pria yang mengenakan kemeja batik itu memilih tutup mulut dan langsung masuk ke ruang tunggu.

Selain Ahok dan Sunny, dari daftar saksi yang bakal dihadirkan dalam sidang Ariesman dan Trinanda diantaranya yakni Gerry Prasetya selaku ajudan Ketua Komisi D DPRD DKI M Sanusi, Berliana Kurniawati, Catharine Lidya, Budi Setiawan dan Budi Nuewono.

Nama Ahok sendiri memang muncul dalam surat dakwaan Ariesman dan Trinanda. Dalam dakwaan tersebut, nama Ahok disebut telah mengeluarkan sejumlah izin prinsip serta izin pelaksanaan kepada para pengembang proyek reklamasi di pesisir ibu kota.

Salah satunya kepada PT Muara Wisesa Samudera (anak usaha PT APL).

Dalam perkara ini, Ariesman didakwa menyuap M Sanusi sebesar Rp 2 miliar melalui anak buahnya, Trinanda Prihantoro. Tujuannya, agar Sanusi mengakomodir keinginan Ariesman selaku pemegang izin reklamasi terkait aturan kontribusi tambahan 15 persen dalam pembahasan Raperda RTRKSP. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top