DPR Setujui Perppu Kebiri, Menteri PPPA: Kado Terindah untuk Anak-anak Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

DPR Setujui Perppu Kebiri, Menteri PPPA: Kado Terindah untuk Anak-anak Indonesia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Y‎ohanna Yambise‎ mengaku senang DPR menyetujui Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak untuk dijadikan undang-undang.

Apalagi, momennya dianggap tepat lantaran bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional. “Lega, senang sekali. Kado terindah untuk anak-anak Indonesia. Good timing,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/7)

Dengan adanya undang-undang yang salah satu substansinya memberikan pemberatan hukuman bagi pelaku kejahatan dan pelecehan seksual terhadap anak, Yohana berharap bisa menimbulkan efek jera.

“Sekaligus menghilangkan keresahan di masyarakat,” tutur dia.

Apabila sudah disahkan, Yohana mengatakan, pihaknya akan membuat peraturan pemerintah. Ada sejumlah PP yang akan dibuat. Diantaranya tentang rehabilitasi sosial, hukuman kebiri, dan pendeteksian elektronik dalam tubuh dengan pemasangan chips.

“Nanti diatur. Semua hukuman yang diberikan itu akan disepakati bersama. PP itu akan ada diskusi antar kementerian untuk menetapkannya nanti,” pungkas Yohana. (dna/JPG)

Click to comment
To Top