Fakta Baru, Persalinan dengan Induksi Tidak Sebabkan Autisme – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Fakta Baru, Persalinan dengan Induksi Tidak Sebabkan Autisme

FAJAR.CO.ID – Bertentangan dengan studi-studi yang ada sebelumnya, studi yang dilakukan Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston, Amerika Serikat, tidak menemukan adanya kaitan antara induksi saat proses kelahiran dengan Autisme Spectrum Disorder (ASD) atau gangguan spektrum autisme.

Merujuk pada data yang ada di negeri Paman Sam, setidaknya terdapat 762 ribu persalinan dengan cara induksi setiap tahunnya. Sekitar 1 dari 68 andak didiagnosa lahir dengan ASD yang terjadi lebih banyak pada bayi laki-laki.

Dari 11 persen proses persalinan yang dilangsungkan dengan cara induksi, biasanya terjadi akibat komplikasi dimasa kehamilan seperti diabetes gestasional, darah tinggi dan keracunan kehamilan.

“Ketika kami menggunakan kerabat dekat seperti saudara kandung atau sepupu sebagai perbandingan grup, kami tidak menemukan adanya kaitan antara persalinan dengan induksi terhadap resiko autisme,” kata Anna Sara Oberg salah seorang peneliti di Department of Epidemiology at Harvard Chan School sekaligus pimpinan studi tersebut.

“Banyak faktor yang bisa menyebabkan baik persalinan dengan induksi dan autisme sepenuhnya atau sebagian dimiliki oleh saudara kandung. Seperti karakteristik ibu atau faktor sosial ekonomi atau genetik,” jelasnya seperti dikutip dari Medical News Today.

Click to comment
To Top