Hanura Bahas Rangkap Jabatan Wiranto Pasca Jadi Menteri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Hanura Bahas Rangkap Jabatan Wiranto Pasca Jadi Menteri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Partai Hanura mengaku segera menggelar rapat internal menyusul penunjukan ketua umumnya Wiranto sebagai Menko Polhukam di Kabinet Kerja.

“Yang jelas dalam waktu dekat pak ketum akan mengadakan Rapat internal membahas posisi beliau,” ujar politisi Hanura Dadang Rusdiana di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (27/7).

Menurutnya, rapat internal akan memutuskan apakah Wiranto sebagai ketum akan terus memberikan tugas operasional sehari-hari kepada wakil ketum. Namun, apabila Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar tidak ada rangkap jabatan, maka DPP Hanura segera menentukan langkah yang perlu dilakukan.

“Kalau presiden menginginkan tidak boleh rangkap jabatan, tentu DPP akan menentukan langkah-langkah selanjutnya. Dan kita sangat akan tergantung pada skenario yang dibuat oleh partai,” jelas Dadang yang juga sekretaris Fraksi Hanura.

Diketahui, Presiden Joko Widodo kembali melakukan perombakan Kabinet Kerja hari ini. Terdapat empat menteri Kabinet Kerja yang bergeser posisi. Mereka adalah Luhut Panjaitan sebagai Menko Kemaritiman (sebelumnya Menko Polhukam), Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas (sebelumnya Menteri Keuangan), Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN (sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan) dan Thomas Lembong sebagai Kepala BKPM (sebelumnya Menteri Perdagangan).

Jokowi juga memasukkan nama-nama baru untuk penyegaran kabinetnya, sekaligus menampung politisi dari partai politik yang belakangan memutuskan bergabung dengan pemerintah, yakni PAN dan Patai Golkar.

Mereka adalah;

1. Wiranto (Partai Hanura) sebagai Menko Polhukam
2. Sri Mulyani (profesional) sebagai Menteri Keuangan
3. Eko Putro Sanjoyo (PKB) sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi
4. Budi Karya Sumadi (profesional) sebagai Menteri Perhubungan
5. Muhajir Effendi (profesional) sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
6. Enggartiasto Lukito (Partai Nasdem) sebagai Menteri Perdagangan
7. Airlangga Hartarto (Partai Golkar) sebagai Menteri Perindustrian
8. Archandra Tahar (profesional) sebagai Menteri ESDM
9. Asman Abnur (PAN) sebagai Menteri PAN-RB. [wah]

Click to comment
To Top