Kaitan Antara Konsumsi Alkohol dengan 7 Jenis Kanker – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Kaitan Antara Konsumsi Alkohol dengan 7 Jenis Kanker

Foto: Alcoholrehabolitationfacilities.org

FAJAR.CO.ID – Sebuah analisa terbaru berhasil ungkap fakta menarik dibalik hubungan antara konsumsi alkohol dengan setidaknya tujuh jenis kanker. Diketahui bahwa mulai dari mereka yang mengkonsumsinya dalam kadar rendah, sedang hingga masuk dalam kategori peminum berat memiliki potensi terkena kanker jika dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol.

Ulasan temuan tersebut dipublikasikan pada jurnal Addiction, yang juga sekaligus menyatakan skeptismenya pada studi lain yang menyebut bahwa alkohol dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung.

Menurut para ahli kesehatan, analisa yang dibangun oleh Professor Jennie Connor, PhD, dari University of Otago di Dunedin, New Zealand yang sudah berjalan selama 10 tahun ini mampu meningkatkan kesadaran publik bahwa konsumsi alkohol adalah salah satu penyebab kanker.

“Ada bukti kuat yang menyatakan bahwa alkohol adalah penyebab dari kanker pada 7 organ tubuh dan mungkin pada bagian lainnya,” tulis Connor seperti dikutip dari WebMD.

“Dari perspektif kesehatan publik, alkohol diperkirakan sebagai penyebab setidaknya 500 ribu kematian akibat kanker dari tahun 2012, 5,8 persen kematian yang disebabkan kanker di seluruh dunia. Resiko tertinggi adalah pada mereka peminum berat, namun bisa juga terjadi pada mereka yang mengkonsumsi dalam kadar ringan dan sedang,” jelasnya.

Temuan analisa tersebut dianggap sudah cukup untuk menyatakan bahwa meminum alkohol dapat merusak beberapa organ tubuh yang bersentuhan langsung dengan cairan alkohol itu sendiri, yang mana juga dapat merusak jaringan DNA pada tubuh, yang disebut kanker. Berikut tujuh area yang dimaksud:

1. Mulut dan tenggorokan
2. Esofagus
3. Laring atau kotak suara
4. Hati
5. Usus besar
6. Rektum, dan
7. Dada

To Top