Orientasi Reshuffle Jilid II, Hanya Menonjol di Politik Balas Budi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Orientasi Reshuffle Jilid II, Hanya Menonjol di Politik Balas Budi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Perombakan Kabinet Kerja untuk kedua kalinya dinilai belum akan memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan performa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Malahan, reshuffle yang dilakukan terkesan sebagai politik balas budi karena beberapa menteri baru diambil dari partai politik yang belakangan mendukung pemerintah.

Analis politik dan HAM Labor Institute Indonesia Andy William Sinaga mengatakan, reshuffle kabinet pertama yang dilakukan beberapa waktu lalu baru seumur jagung bakal mengakibatkan program pemerintah yang mengadopsi Nawa Cita sulit tercapai dan tidak efektif.

“Kami berpendapat, menteri yang direkrut bukanlah kandidat yang punya prestasi cemerlang,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (27/7).

Menurut Andy, masuknya nama Sri Mulyani di posisi Menteri Keuangan justru akan menimbulkan masalah baru di pemerintahan Jokowi. Pasalnya, Sri Mulyani yang juga menjabat Menteri Keuangan era Susilo Bambang Yudhoyono dan sempat menjabat direktur di World Bank setelahnya dikenal sebagai sosok ekonom pro liberal.

“Presiden Jokowi kurang jeli dalam memilih calon pembantunya selama ini. Tanpa ada indikator, proses evaluasi dan penilaian yang kurang jelas,” bebernya.

Apalagi, usia jabatan menteri yang masih pendek belum dapat dijadikan indikator penilaian. Menurut Andy, beberapa menteri yang diganti sebenarnya masih layak dan belum saatnya diganti karena cukup berprestasi, seperti Menteri Agraria Ferry M. Baldan, Mendikbud Anis Baswedan, Menhub Ignasius Jonan, dan Menteri Perindustrian Saleh Husein.

Dia pun menyayangkan, pencopotan Rizal Ramli dari posisi Menko Maritim yang selama ini sangat berani melakukan gebrakan di Pelindo II, reklamasi Teluk Jakarta, dan mengkritisi kinerja PLN.

“Tentang sifat Rizal Ramli yang blak-blakan hanya perlu diberi nasehat dan bimbingan presiden,” demikian Andy. [wah/rmol]

loading...
Click to comment
To Top