PENTING! Kabar Buruk Rekruitmen CPNS 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

PENTING! Kabar Buruk Rekruitmen CPNS 2016

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tertutup sudah kesempatan untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah daerah (pemda) tahun ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi telah mengeluarkan surat penundaan rekrutmen CPNS 2016.

Surat penundaan itu ditujukan kepada gubernur, wali kota, dan bupati seluruh Indonesia. Alasan utama penundaan tersebut adalah arahan Presiden Joko Widodo pada sidang kabinet 7 Juni lalu. 

Presiden berpesan supaya kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah daerah menghemat anggaran. ”Arahan presiden saat itu perbesar alokasi untuk belanja modal,” tutur Yuddy di Jakarta, kemarin (26/7). 

Jika tidak ada penundaan penerimaan CPNS tahun ini, jelas dia, pos untuk belanja pegawai bakal terus membengkak.

Meski begitu, penundaan rekrutmen CPNS 2016 tersebut dikecualikan untuk sejumlah program atau formasi. Di antaranya, pengangkatan dokter, dokter gigi, dan bidang pegawai tidak tetap (PTT) Kementerian Kesehatan. 

Termasuk program guru garis depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta tenaga harian lepas dan tenaga bantuan (THL-TB) penyuluh pertanian di Kementerian Pertanian.

Formasi CPNS baru juga masih terbuka untuk lulusan sekolah kedinasan dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sebagai daerah otonomi baru (DOB). Kaltara terbentuk pada 2012.

Yuddy mengakui, ada usulan permintaan CPNS baru yang sudah masuk ke panitia seleksi nasional. 

Sebagai solusinya, instansi yang meminta jatah formasi CPNS baru itu diminta melakukan penataan ulang atau redistribusi pegawai. ”Program redistribusi pegawai bisa mencontoh Ditjen Pajak atau Badan Intelijen Negara (BIN),” tutur menteri dari Partai Hanura itu. (wan/c7/pri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top