Ratusan Anak Batal Divaksinasi Ulang, Kemenkes: Tidak Semuanya Perlu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Ratusan Anak Batal Divaksinasi Ulang, Kemenkes: Tidak Semuanya Perlu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah menjamin upaya vaksinasi ulang untuk anak-anak korban vaksin palsu. Berdasar verifikasi yang telah dilakukan, ternyata tidak seluruhnya mendapatkan vaksinasi ulang itu. Hanya 80 persen yang akan divaksinasi ulang.

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat 519 anak yang terindikasi menerima vaksin palsu. Dari jumlah tersebut, sekitar 103 anak atau 20 persen tidak ikut serta dalam program vaksinasi ulang. 

“Selebihnya tidak perlu vaksinasi ulang. Tidak semuanya perlu,” tutur Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Maura Linda Sitanggang setelah rapat koordinasi penanganan vaksin palsu di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan kemarin (26/7). 

Keputusan itu, kata dia, tentunya diambil setelah melihat riwayat pengobatan mereka. Ternyata, tidak semua diimunisasi dengan vaksin palsu tersebut. 

Seperti diketahui, Kemenkes juga meminta peran aktif orang tua. Mereka yang ragu anaknya mendapat suntikan vaksin palsu diperbolehkan melapor untuk ditangani. (mia/c6/agm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top