Reshuffle di Hari Weton Jokowi dan Kudatuli – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Reshuffle di Hari Weton Jokowi dan Kudatuli

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kabar menyeruak, hari ini (27/7) Presiden Jokowi Widodo akan mengumumkan perombakan kabinet alias reshuffle. Tampaknya, Presiden Jokowi memang memilih hari ini sebagai “hari baik” untuk mengumumkan komposisi baru para pembantunya.

Sepulang memimpin upacara kelulusan taruna militer dan kepolisian di Magelang kemarin (26/7), Presiden Jokowi tidak langsung kembali ke Istana Bogor, melainkan ke istana kepresidenan di Jakarta. 

Itu termasuk ’’menabrak’’ kebiasaan Jokowi setelah melakukan agenda ke luar kota atau luar negeri. Hanya Ibu Negara Iriana Jokowi yang balik ke Istana Bogor.

Sorenya, Jokowi mengadakan pertemuan empat mata dengan Wapres Jusuf Kalla yang juga mempercepat agendanya di Makassar. Tadi malam beberapa menteri tampak datang ke istana. 

Mengapa harus hari ini? Bagi sebagian orang Jawa, ada semacam kepercayaan, keberuntungan ada kaitannya dengan hari lahir menurut perhitungan primbon. Yakni yang disebut weton.

Jokowi lahir di Solo, Jawa Tengah, 21 Juni 1961, pada Rabu Pon. Hari ini juga Rabu pon. 

Yang menarik, hari ini juga bertepana dengan peringatan kerusuhan dua puluh tujuh Juli, atau dikenal dengan Kudatuli. 

Yakni peristiwa 27 Juli 1996, sebuah kejadian besar di ranah politik. Saat itu, ada upaya paksa merebut kantor DPP PDI, Jalan Diponegoro Nomor 58 Jakarta Pusat yang dikuasai kubu Ketum Megawati Soekarnoputri, oleh massa pendukung Soerjadi. (sam/jpnn)

To Top