Sri Mulyani Dipanggil, Sore Ini Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Sri Mulyani Dipanggil, Sore Ini Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet?

Sri Mulyani

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bola panas pergantian kabinet (reshuffle) yang bergulir sejak awal tahun lalu mendekati garis finis. Pertemuan mendadak antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) petang kemarin (26/7) di Istana Merdeka menjadi finalisasi kocok ulang kabinet. 

Apalagi setelah itu Jokowi memanggil beberapa menteri yang diperkirakan menjadi target reshuffle atau setidaknya bakal dirotasi. 

Misalnya, Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perencanaan Pembangunan Sofyan Djalil, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, serta Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Sumber Jawa Pos (Fajar Group) dari kalangan pemerintahan dan partai politik menyebutkan, reshuffle mungkin dilakukan sore hari ini setelah sidang kabinet paripurna yang diagendakan pukul 15.00. 

Namun, hingga tadi malam, rumor posisi menteri yang ikut bergulir terus berubah.

Yang paling menarik perhatian adalah posisi strategis menteri keuangan. Kabarnya, posisi tersebut bakal diisi Sri Mulyani yang kini menjabat managing director and chief operating officer (COO) Bank Dunia. 

Indikasi masuknya Sri semakin kuat dengan kembalinya dia dari Washington DC sejak Senin (25/7).

Sementara itu, Bambang Brodjonegoro yang saat ini menjabat menteri keuangan, kabarnya, digeser ke pos menteri perencanaan pembangunan nasional/kepala Bappenas. 

Sofyan Djalil mungkin masih dipertahankan di kabinet, namun belum diketahui apa posisi barunya. Rini Soemarno yang sebelumnya kencang diisukan bakal digeser menjadi kepala Kantor Staf Presiden (KSP), kabarnya, tetap dipertahankan sebagai menteri BUMN. 

Demikian pula Teten Masduki yang tetap di posisi kepala KSP. Meski, ada kemungkinan Teten digeser ke pos menteri desa atau menteri agraria. Perombakan besar-besaran, sepertinya, memang dilakukan di tim ekonomi. Menteri Perdagangan Thomas Lembong ter­masuk yang dirotasi. 

Sosok yang kenyang pengalaman di bidang manajemen investasi tersebut kabarnya diplot menjadi kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk menggantikan Franky Sibarani. (owi/c6/byu/jun/pri/idr/c5/c9/kim)

loading...
Click to comment
To Top