Tangis Haru dan Sujud Syukur Warnai Kemenangan Rumah Kita – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Tangis Haru dan Sujud Syukur Warnai Kemenangan Rumah Kita

Rusman Emba putusan MK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perjalanan panjang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muna berakhir sudah. Hari ini, Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya menetapkan pasangan Rusman Emba – Malik Ditu (Rumah Kita) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muna terpilih periode 2016-2021.

Pasangan dengan jargon Rumah Kita berdasarkan hasil perhitungan akhir unggul 33 suara atas pesaing terdekatnya pasangan dr Baharuddin – La Pili (Dokter Pilihanku). Sidang pengucapan putusan Pilkada Muna dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir pukul 12.30 WIB.

Proses jalannya persidangan yang diketuai Arief Hidayat saling bergantian membacakan amar putusan terhadap Pilkada Muna yang harus menjalani dua kali Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Dalam putusan akhirnya ada beberapa poin yang dibacakan oleh MK. Yang pada intinya, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian dalam hal ini permohonan pasangan Rusman Emba – Malik Ditu.

Point berikutnya adalah menetapkan hasil perolehan akhir suara dari masing-masing pasangan calon dalam pemungutan suara Pilkada Muna dan memerintahkan pihak termohon dalam hal ini KPUD Kabupaten Muna untuk melaksanakan amar putusan tersebut.

“Pasangan Rusman Emba – Malik Ditu sebanyak 47.587 suara, pasangan Arwaha Ady Saputra – La Ode Samuna sebanyak 5.382 suara dan pasangan dr Baharuddin – La Pili sebanyak 47.554 suara,” jelas Arief Hidayat.

Pantauan Fajar.co.id diluar ruang persidangan, tepatnya di lobi gedung MK pasca pembacaan putusan, tampak tangis haru dan teriakan Allahu Akbar menggema diruangan tersebut. Simpatisan yang turut hadir menyaksikan langsung tak kuasa menahan tangis dan langsung menggelar sujud syukur atas kemenangan pasangan Rumah Kita yang sudah lama dinanti-nantikan.

Hal serupa juga terlihat dihalaman gedung MK. Puluhan simpatisan Rumah Kita langsung mengerumuni pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Rusman Emba – Malik Ditu untuk memberikan selamat.

Dalam kesempatan itu, Rusman Emba meminta kepada semua pihak terutama para simpatisannya yang berada di Kabupaten Muna agar tidak terlalu bereforia berlebihan dalam menyambut kemenangan tersebut. “Alhamdulillah, ini adalah kemenangan seluruh masyarakat Muna yang sudah lama kita nantikan. MK telah mengeluarkan putusan yang cukup adil dalam persidangan ini,” kata Rusman Emba singkat. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top