Totti: Sepak Bola Kini Soal Uang, Bukan Hati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Totti: Sepak Bola Kini Soal Uang, Bukan Hati

FAJAR.CO.ID – Kepindahan Gonzalo Higuain dari Napoli ke Juventus seharga 90 juta euro (sekitar Rp 1,3 triliun) turut membuat Francesco Totti angkat bicara. Menurut kapten AS Roma itu, sepak bola pada masa kini lebih berorientasi soal uang, dan melupakan hati.

Totti memang tak sugnkan mengkritik keras kepindahan Higuain ke Juventus. Apalagi, sebelumnya rekan setim Totti di Roma, Miralem Pjanic, juga sudah menyeberang ke Juventus.

Selain itu, Higuain beberapa waktu lalu sempat mengucapkan tekadnya menjalani karier laiknya Diego Maradona yang melegenda bersama Napoli. Namun, gelontoran uang berlimpah dari Juventus membuat hati Higuain luluh dan memilih membelot ke Juventus.

“Pesepak bola modern seperti nomaden. Mereka mengikuti uang, bukan hati. Tak banyak atlet yang masih mengikuti hati nurani. Mereka memutuskan untuk pindah ke tempat lain demi menjadi juara dan untuk mendapatkan lebih banyak uang,” kata Totti kepada La Gazzetta dello Sport.

“Sepak bola telah berubah banyak, semua tentang uang sekarang. Pemain berganti tim sepanjang waktu, untuk meraup lebih banyak uang di tempat lain. Ini lebih tentang uang daripada tentang gairah,” lanjut pemain berjuluk Er Purpone itu.

Totti pun tak ragu menyebut kepindahan Higuain ke Juventus sebagai sebuah bencana dan pengkhianatan terhadap harapan fans.

“Orang-orang pergi ke stadion untuk menikmati diri mereka sendiri dan untuk melihat pemain beraksi yang akan selalu bersama tim mereka. Mereka berharap tidak akan dikhianati. Lihat saja apa yang terjadi dengan Higuain, meninggalkan Napoli untuk Juventus. Ini bencana,” kritik Totti.

Meski demikian, Totti cukup memaklumi langkah Higuain. Apalagi, pemain berjuluk El Pipita itu tidak besar bersama Napoli, dan hanya berstats pemain asing yang mencoba mengadu nasib di negeri orang.

Totti, yang sepanjang kariernya dihabiskan berama Roma, dan pernah menolak pinangan sederet klub raksasa Eropa, coba membandingkan loyalitas Higuain dengan legenda Argentina, Maradona.

“Tapi, itu tampaknya cukup normal untuk pemain asing pada masa kini, meninggalkan tim agar mereka dapat mendapatkan lebih banyak uang. Ini masalah mentalitas,” papar dia lagi.

“Tidak semua orang asing seperti Diego Maradona,” tambahnya, mengacu pada karier Maradona yang setia bersama Napoli selama di Italia, dan mempersembahkan dua gelar Serie A pada 1987 dan 1990. (ira/JPG)

To Top