Ada Festival Sop Saudara dan Parade Budaya di Pangkep – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Budaya & Pariwisata

Ada Festival Sop Saudara dan Parade Budaya di Pangkep

FAJAR.CO.ID, PANGKEP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Jumat 28 Juli (Hari ini-red) akan melaksanakan festival Sop  Saudara yang dirangkaikan kegiatan parade budaya peserta Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional VIII.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Pangkep H Effendi Kasmin membenarkan jika pelaksanaan parade budaya yang akan diikuti peserta Jumbara PMR, akan dirangkaikan kegiatan festival Sop Sudara.

“Kita akan merangkaikan parade budaya dengan melaksanakan festival Sop Saudara, sekaligus memperkenalkan kuliner tradisional yang ada di daerah kita,”kata Effendi, Kamis 28 Juli, kemarin.

Untuk festival Sop Saudara, peserta Jumbara akan menikmati kuliner tersebut secara gratis. Pelaksanaannya akan dilakukan di Lapangan Citra Mas, dengan menghadirkan puluhan pedagang Sop Saudara. “Pelaksanaan festival Sop Saudara merupakan gagasan dari bapak bupati, sekaligus upaya memperkenalkan kuliner khas daerah kita,”ujarnya.

Humas Jumbara PMR VIII Nasional Aulia Arriani Aeni mengungkapkan, parade budaya akan dilaksanakan di taman musyafir menuju tugu bambu runcing. Selama parade berlangsung, peserta akan menampilkan atraksi seni dan budaya masing-masing daerah. “Tiap kontingen peserta akan mengikut sertakan sekitar 50 orang perwakilan,”kata Aulia. Rencananya sebanyak 34 Provinsi dari 10 Negara, akan ikut serta dalam parade budaya yang dilaksanakan pukul 15.00-17.00 Wita.

Terpisah Kapolres Pangkajene dan Kepulauan AKBP Edy Kurniawan mengungkapkan, terkait pelaksanaan kirab budaya dalam rangkaiakan kegiatan Jumbara PMR VIII Nasional, kepolisian siap mengamankan sejumlah jalur yang akan dilalui peserta kirab.

“Kami telah membahas pengaman bersama panitia kegiatan Jumbara, dimana peserta akan star dari Lapangan Citra Mas menuju tugu Bambu Runcing samping Sungai Pankajene,”ungkapnya.

Pihaknya pun berharap agar para pengguna jalan raya, dapat mengurangi kecepatan bila memasuki wilayah Kota Pangkajene baik dari arah Kota Makassar maupun Kota Parepare.

*Butuh Keamanan dan Penataan Pedagang*

Disela kesibukannya menyiapkan program kegiatan bersama peserta Jumbara, Aulia berharap banyak agar bupati dan unsur terkait sebagai penentu kebijakan di wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Kiranya dapat mendiploid kegiatan Jumbara hingga berakhirnya acara pada 31 Juli, mendatang. Pasalnya, faktor keamanan dan penataan lokasi antara camp peserta dan pedagang agar bisa tertata dan diperhatikan.

“Kami akui antusias warga begitu besar, namun ada hal yang patut menjadi perhatian baik dari bupati maupun unsur terkait, khususnya soal keamanan dan penataan pedagang,”tegasnya.

Olehnya itu, kiranya ada aparat pengamanan yang bisa diterjunkan dilokasi kegiatan. Ada beberapa perwakilan peserta yang telah mengadukan perihal keamanan dan juga terlalu dekatnya para pedagang. Namun disisi lain, bukan ada maksud untuk tidak membaurkan peserta dan masyarakat. Ditambahkannya, untuk program kegiatan yang telah disusun telah berjalan sesuai jadwal dimana dilaksanakan dari pukul 08.00-17.00 Wita.

“Kegiatan berupa kewirausahaan, anjang sana antar kontingen dan saling memperkenalkan budaya,”ujar Aulia.

Terpisah, Bupati Pangkep H Syamsuddin A Hamid SE mengakui, pemerintah dan jajaran terkait telah melakukan pertemuan dengan membahas berbagai hal terkait pelaksanaan Jumbara Nasional.

“Pak Wakil Bupati, sudah memimpin rapat bersama unsur Muspida dan instansi terkait lainnya. Termasuk dengan panitia Jumbara. Kiranya masyarakat tetap ikut serta menyukseskan kegiatan lima tahunan, dan membuktikan bahwa daerah kita memang pantas menjadi tuan rumah yang baik,”harapnya. (ade)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top