Ancaman Erdogan untuk Imigran Eropa Tambah Serius – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Ancaman Erdogan untuk Imigran Eropa Tambah Serius

FAJAR.CO.ID, ANKARA – Presiden Turki Recep Erdogan Tayyip mengancam akan memulangkan tiga juta imigran ke Eropa jika Uni Eropa tidak memenuhi janjinya untuk memberikan bantuan dana yang dijanjikan.

Diketahui, Uni Eropa memang berjanji memberikan bantuan dana senilai 43 triliun untuk membantu pemerintah Turki menangani imigran dari Timur Tengah, Asia Barat dan Afrika.

Dilansir Express.UK pada Rabu (27/7), Erdogan menyatakan Turki baru menerima sebagian kecil dari uang yang dijanjikan Uni Eropa untuk menampung imigran yang dikirim pulang dari Yunani.

“Tanyakan kepada mereka, apakah akan membayar? Turki masih menampung tiga juta orang. Apa yang akan Eropa lakukan jika kami membiarkan orang-orang ini pergi ke Eropa?” kata Erdogan.

Perjanjian antara Turki dan Uni Eropa telah disepakati pada Maret lalu. Ankara telah setuju untuk menerima kembali semua pengungsi yang tiba di pantai Italia dan Yunani setelah bepergian melalui Mediterania. Sebagai kompensasi, Turki akan mendapat dana sejumlah 2,5 miliar pound sterling.

Namun, Komisi Uni Eropa membantah dan menegaskan kalau pernyataan Erdogan tidak benar dan mengada-ada.

“Uni Eropa sangat menghormati komitmen dan tuduhan itu sama sekali tidak benar,” kata Margaritis Schinas, kepala juru bicara Komisi Uni Eropa.

Menurut Schinas, Uni Eropa telah memberikan dana untuk membantu pengungsi di Turki. Dana tersebut akan dikirimkan secara bertahap dan danar sekita 620 juta pound sterling sudah dialokasikan.

Dan uang itu diberikan bagi kepentingan pengunsi dan masyarakat lokal yang berada di sekitar tempat penampungan, bukan untuk pemerintah. (ra/pj1)

loading...
Click to comment
To Top