DPR Sahkan UU Hak Paten – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

DPR Sahkan UU Hak Paten

hak paten

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Paripurna DPR RI akhirnya menyepakati mengesahkan Rancangan Undang-Undang Hak Paten menjadi Undang-Undang. Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang tentang Paten, John Kenedy Azis membacakan laporan tahapan pembahasan RUU Hak Paten tersebut. 

Dalam laporannya, John mengatakan meski sebelumnya ada Undang-Undang Nomor 14 tahun 2001 tentang Paten, namun dirasa perlu ada perbaikan dan penyesuaian.

“Perkembangan teknologi harus diikuti dengan perlindungan kekayaan intelektual, sesuai dengan ketentuan internasional,” kata John dalam sidang paripurna, Kamis 28 Juli 2016.

Dalam RUU Paten yang dibahas dalam satu tahun terakhir, ada penambahan sejumlah aturan yang diharapkan bisa mendorong pengembangan inovasi dan penelitian nasional melalui pengaturan paten.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H Laoly dalam konfrensi pers usai membacakan pandangan pemerintah, mengatakan keberadaan Undang-Undang Paten diharapkan meningkatkan kontribusi inovasi bagi perekonomian.

“Ini penting untuk mengelola dan mengembangkan potensi yang dimiliki dan berdaya saing. Perkembangan teknologi pada penguasaan teknologi berbasis keunggulan kompetetif,” katanya 

Seperti diketahui beberapa substansi penting dalam UU Paten adalah mengenai, pemanfaatan dengan sistem elektronik kekayaan intelektual untuk peningkatan layanan dan menajemen HaKI.

Selanjutnya, paten dapat dijadikan objek jaminan fidusia, pemberatan sanksi pidana terhadap pelanggaran hak paten yang mengakibatkan gangguan kesehatan, lingkungan hidup, dan kematian manusia. Membuka kesempatan seluasnya kepada industri nasional untuk memanfaatkan paten yang telah berakhir masa perlindungannya agar lepas dari tuntutan hukum kewajiban membayar royalti, dan adanya perubahan mekanisme pembayaran biaya tahunan paten dari pemegang hak paten. 

Rapat paripuna dihadiri oleh 409 anggota DPR. (idr/fmc)

loading...
Click to comment
To Top