Gara-gara Fahri Hamzah, Ketua MKD Dicopot – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Gara-gara Fahri Hamzah, Ketua MKD Dicopot

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengaduan Fahri Hamzah terhadap Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Surahman Hidayat bersama dua elite PKS lainnya berdampak. Perombakan akhirnya dilakukan pada personel pimpinan lembaga penjaga etik di internal dewan tersebut.

Berdasar rapat pleno internal kemarin (27/7), Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengesahkan keputusan tentang pengangkatan politikus Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebagai ketua MKD.

Selain menetapkan Sufmi sebagai ketua pengganti, rapat pleno memutuskan tiga wakil ketua. Mereka adalah Hamka Haq (PDIP), Lili Asdjudiredja (Golkar), dan Sarifuddin Sudding (Hanura).

“Saya hanya menerima laporan dari MKD dan kemudian memfasilitasi. Mereka (MKD, Red) melakukan rapat internal dan menggunakan pasal 121 di mana pimpinan MKD dipilih dari dan oleh anggota MKD,” kata Fadli di kompleks parlemen, Jakarta.

Menurut dia, pimpinan DPR yang mengesahkan personel sementara pimpinan MKD itu adalah Fahri. 

Namun, selain sedang bertugas ke luar negeri, yang bersangkutan juga relatif memiliki conflict of interest. Sebab, dia merupakan pihak pengadu dalam kasus yang melibatkan Surahman. “Kebetulan yang available di sini saya. Jadi, akhirnya saya,” tambah politikus Gerindra itu.

Fraksi PKS juga diketahui sudah menyiapkan pergantian Surahman. Nama yang disiapkan adalah Almuzzammil Yusuf yang kini juga menjabat wakil ketua DPR.

Saat dikonfirmasi, Muzammil belum mau berkomentar banyak. Dia menyatakan hanya akan mengikuti keputusan fraksinya. “Saya belum pegang suratnya. Silakan konfirmasi langsung ke fraksi, saya mengikuti,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, terkait pemecatan kepada dirinya dari seluruh jenjang keanggotaan PKS, Fahri telah melaporkan tiga elite PKS yang menjadi anggota dewan ke MKD. 

Selain Surahman, dua yang dilaporkan Fahri adalah Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid yang juga wakil ketua MPR dan anggota DPR yang juga Presiden PKS Sohibul Iman. (dyn/c6/pri) 

To Top