Pengacara Jessica: Mirna Tewas Bukan Karena Sianida – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Pengacara Jessica: Mirna Tewas Bukan Karena Sianida

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengacara terdakwa Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan, menyatakan, sangat banyak kejanggalan dalam kasus kematian Wayan Mirna Salihin. Pertama, mengenai alur keberadaan  racun sianida sehingga mengakibatkan Mirna tewas.

Otto menerangkan, dari puluhan saksi yang dihadirkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, hingga kini tidak ada satu pun yang melihat Jessica menuangkan sesuatu ke dalam es kopi Vietnamese yang diminum Mirna.

“Semua katakan tidak melihat Jessica menuangkan sesuatu. Ini tempat kejadian perkara di tempat umum loh,” kata Otto usai mendampingi kliennya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (28/7).

Kedua, soal barang bukti yang dikumpulkan penyidik. ‎Sebab, dalam berita acara pemeriksaan (BAP), terlampir hanya media gelas sebagai barang bukti. 

Sementara, tambah Otto, barang bukti harus meliputi gelas, sedotan, air, hingga segala hal yang memungkinkan masuknya racun sianida ke dalam es kopi Vietnamese.

Ketiga, masih kata Otto, soal  barang bukti gelas yang dimiliki jaksa penuntut umum. Dalam BAP, tertulis bahwa ada dua gelas dan satu botol. “Sementara yang dihadirkan dalam sidang, satu gelas dan dua botol,” kata Otto.

Keempat, kata Otto, “Anehnya lagi, barang bukti itu seharusnya tersegel, tapi dibuka. Seharusnya barang bukti dibuka di depan Majelis Hakim.” 

Kelima, masih kata Otto, mengapa tidak ada hasil autopsi Mirna dalam BAP. Padahal, menurut Otto, hal tersebut sangat penting, mengingat perkara Mirna adalah kasus pembunuhan. Atas penilaian-penilaian tersebut, Otto menyimpulkan bahwa tidak menutup kemungkinan Mirna tewas bukan karena racun sianida.

“Dalam kasus ini tidak pernah diperiksa sianida dalam tubuh korban. Yang ada hanya gelas.‎ Katanya mereka memperkirakan ada 20 ml sianida dalam tubuh Mirna. Hasil itu mereka simpulkan berdasarkan air yang diminum Mirna. Kalau begini, saya meyakini bahwa korban mati tidak karena sianida,” tegas Otto. (Mg4/jpnn)

Click to comment
To Top