Sembilan Jenazah Korban Kapal TKI Tenggelam Berhasil Diidentifikasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Sembilan Jenazah Korban Kapal TKI Tenggelam Berhasil Diidentifikasi

FAJAR.CO.ID, JOHOR – Tim identifikasi korban tewas insiden tenggelamnya kapal di perairan Johor, Malaysia, berhasil mengungkap identitas tiga jenazah. Itu artinya, kesembilan korban sudah rampung teridentifikasi. Enam  telah tiba di Indonesia sejak kemarin (27/7).

Konsul Jenderal RI di Johor Bahru Taufiqur Rizal menyatakan, tiga jenazah yang baru teridentifikasi merupakan korban yang berasal dari Pulau Madura. 

Dua jenazah diketahui merupakan pasangan suami istri asal Desa Paseraman, Sumenep, yakni Salim, 32, dan Farida, 30. Satu jenazah lainnya adalah Modekkir, 38, asal Desa Balaban, Pamekasan. 

“Hari ini mereka sudah kami pindahkan dari Johor Bahru menuju Kuala Lumpur. Esok harinya kami akan terbangkan ke Surabaya,” jelasnya.

Sebelumnya Taufiq, sapaan Taufiqur Rizal, mengungkapkan, sudah ada enam jenazah lain yang dipulangkan dan tiba kemarin. 

Antara lain Trisha Manulang dan Fatimah asal Medan, Yolanda Alinda Seran dan seorang bayi perempuan asal NTT, Rusida asal Sumenep, dan Sakmah asal NTB. 

Kini tinggal jenazah satu perempuan dan lima laki-laki yang belum teridentifikasi. Selain itu, lanjut Taufiq, pihaknya ikut berupaya memulangkan 34 WNI overstayer yang juga menjadi korban selamat dari kecelakaan kapal tersebut. 

Sesuai dengan hasil pertemuan otoritas setempat, mereka memang bakal dipulangkan tanpa harus melewati persidangan atau hukuman apa pun. Pihak KJRI pun sudah diminta menyiapkan dokumen persyaratan pemulangan. 

“Proses yang harus dilalui hanyalah di jaksa penuntut umum. Menurut mereka, akan selesai dalam dua tiga hari ke depan,” jelasnya. 

Taufiq pun terus mengimbau WNI overstayer lainnya segera mengikuti program pengampunan jika memang ingin kembali ke Indonesia. “Program ini hanya membutuhkan sekitar 900 ringgit (Rp 2,8 juta). Kalau denda normal bisa mencapai 3 ribu ringgit (Rp 9,6 juta) per bulan,” jelasnya. (bil/mam/JPG)

Click to comment
To Top