Terkait Kasus Sanusi, KPK Garap Sekwan DKI Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Terkait Kasus Sanusi, KPK Garap Sekwan DKI Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta, M.Yuliadi menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) M Sanusi.

Diperiksa selama empat jam, Yuliadi mengaku hanya menyerahkan berkas-berkas terkait perkara anggota DPRD DKI Fraksi Gerindra tersebut. ‎

“Hanya nyerahin berkas aja. Penyampaian alat bukti, berkas-berkas yang kemarin,” kata Yuliadi saat keluar gedung KPK pukul 14.00 WIB, Kamis (28/7).

Saat ditanya soal kaitannya dengan perkara TPPU Sanusi, Yuliadi justru mengklaim hanya dicecar soal pembahasan raperda reklamasi. ‎”Berkaitan yang ada di sekretariat dewan aja yang ada di raperda,” tuturnya. ‎

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan Sanusi sebagai tersangka TPPU. Penetapan tersangka ini merupakan hasil pengembangan atas kasus dugaan suap pembahasan Raperda tentang reklamasi di Pantai Utara Jakarta.

Mantan politikus Partai Gerindra itu diduga melakukan upaya penyamaran harta yang didapatkannya dari hasil tindak pidana korupsi.

Atas dugaan tersebut, Sanusi dijerat dengan Pasal 3 atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang TPPU juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

KPK pun sudah menyita sejumlah aset milik Sanusi, diantaranya mobil Audi, Toyota Alphard, Fortuner. Kemudian Apartemen di Pulo Mas, Thamrin, Residence 8, dan Jakarta Residence serta satu rumah di kawasan Jakarta Barat. (put/jpg)

To Top