8 Ciri-ciri Gagal Ginjal yang Mungkin Tidak Anda Sadari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

8 Ciri-ciri Gagal Ginjal yang Mungkin Tidak Anda Sadari

IMG_3972
foto: google image

FAJAR.CO.ID – Fungsi ginjal sebagai filter kotoran dalam darah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, membentuk urine dan membantu fungsi organ tubuh lainnya membuat ginjal sebagai salah satu organ vital bagi tubuh.

Lalu apa yang terjadi ketika organ ini mulai berhenti bekerja?

Dikabarkan Temple Health, tanpa kerja ginjal, maka seseorang akan cenderung merasa lelah dan lemah lantaran kurangnya pasukan darah bersih yang mengalir dalam tubuh.

Jika ginjal sudah memasuki keadaan toksik atau dikenal dengan uremia dapat menyebabkan seseorang mengalami kejang-kejang dan dapat berakhir dengan kematian.

Berikut ciri-ciri ada yang salah dengan ginjal anda seperti dilansir dari The Bored Mind:

1. Pembengkakan
Jika ginjal tidak mampu untuk mengluarkan ampas cairan dalam tubuh dapat menyebabkan pembengkakan pada tangan, wajah, telapak kaki.

2. Berubahnya urine
Perubahan pada urinasi bisa menjadi sinyal awal terjadinya gagal ginjal, contohnya: kesulitan buang air kecil, ada darah dalam urine, warna urine lebih gelap dalam jumlah sedikit atau warnanya pucat namun dalam jumlah yang banyak, buang air tengah malam dan terlihat berbusa.

3. Ruam pada kulit
Gagal ginjal dapat menyebabkan bintil merah atau gatal-gatal akibat ketidakmampuan ginjal membuang darah kotor.

4. Kelelahan
Pada ginjal yang sehat, hormon lelah bernama erythropoietin atau EPO yang bertanggungjawab membuat sel darah merah yang membawa oksigen diciptakan. Tanpa itu, maka sel darah merah dan oksigen yang mengalir ditubuh hanya dalam jumlah yang terbatas, menyebabkan otak dan otot mudah lelah dan dapat berujung pada anemia.

5. Nafas pendek
Karena aliran oksigen dalam darah terbatas, maka tubuh akan kekurangan asupan oksigen, menyebabkan paru-paru berisikan banyak cairan.

6. Rasa besi pada mulut
Hal ini terjadi karena banyaknya kotoran yang menumpuk pada darah yang mana merubah nafsu makan seseorang,

7. Rasa sakit
Rasa sakit muncul pada bagian belakang atau samping dari ginjal dapat dirasakan oleh penderita yang diakibatkan oleh batu ginjal.

8. Sulit berkonsentrasi dan pusing-pusing
Hal ini terjadi karena otak tidak mendapatkan pasokan oksigen yang dibutuhkan, karena itu penderita akan sulit untuk berkonsentrasi akibat rasa pusing yang menyerang. Hal ini juga dapat menyebabkan hilangnya ingatan si penderita.

loading...
Click to comment
To Top