Anggota TNI Ditembak, Komnas HAM Minta Diusut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Anggota TNI Ditembak, Komnas HAM Minta Diusut

1553_Komisioner-Komnas-HAM-Maneger-Nasution-by-Syakur-31rlnkow333je9o32j33ls

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Anggota TNI Serda Muhammad Ilman dari Satuan Tim Intelrem 132/Tadulako yang tergabung dalam Satgas 1 Tinombala tewas tertembak oleh pasukan Brimob di Desa Towu, Kecamatan Poso Pesisir, Poso, pukul 12.30 Wita (Rabu, 27/7).

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) prihatin atas insiden tersebut dan menyampaikan turut berduka atas meninggalnya Serda Ilman.

“Semoga keluarga tabah,” ungkap Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution, (Jumat, 29/7). [Baca: Dikira Kelompok Santoso, Serda Ilman Tewas Ditembak Anggota Brimob]

Bagi Maneger, peristiwa ini mengingatkan betapa pentingnya sinergitas dan koordinasi TNI-Polri sehingga hal seperti ini tidak mesti terjadi. Ke depan harus ada jaminan bahwa hal yang fatal ini tidak terulang kembali.

“Peristiwa ini juga disadari atau tidak menebat syiar ketakutan publik. Logika sederhananya, sesama aparat saja bisa ditembak, lalu siapa yang menjamin keamanan publik,” katanya mempertanyakan.

Karena itu, Komnas HAM mendukung adanya tim investigasi untuk memastikan peristiwa yang sebenarnya terjadi. Pelakunya harus dimintai pertanggungjawaban sesuai hukum yang berlaku.

“Mendukung pimpinan TNI-Polri untuk berdialog berkejujuran guna menyelesaikan segala hal. Dan publik memberi kesempatan kepada Pimpinan TNI-Polri untuk berkoordinasi dan bersinergi serta menenangkan prajurit di lapangan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, penembakan tersebut terjadi saat Serda Ilman sedang melakukan penggalian dan pencarian senjata di dalam gowa di kawasan tersebut yang diperkirakan sebagai tempat penimbunan senjata api milik kelompok Santoso. [zul]

loading...
Click to comment
To Top