Bupati Pangkep Pacu Budi Daya Ikan Sidat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Bupati Pangkep Pacu Budi Daya Ikan Sidat

FAJAR.CO.ID, PANGKEP – Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) H Syamsuddin A Hamid terus berupaya menciptakan peluang usaha baru yang bisa dikembangkan masyarakatnya.

Salah satunya dengan upaya mendorong pengembangan ikan sidat di Kampung Leang Kassi, Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasatene. Ikan sidat atau dikenal dengan nama ikan masa’pi (termasuk ordo Anguilliformes) merupakan kelompok ikan yang memiliki tubuh menyerupai ular.

“Ini adalah percontohan pembesaran ikan sidat, sengaja saya lakukan dengan melihat peluang yang ada,”katanya, Jumat 29 Juli, dilokasi penangkaran yang sengaja dibuatnya.

Syamsuddin mengakui, bibit ikan sidat yang kini dipeliharanya sengaja dibeli dari Provinsi Jawa Barat untuk dibesarkan. Jika nantinya, usaha percontohan ini berhasil maka melalui anggaran pemerintah daerah kita akan membentuk kelompok-kelompok peternak ikan sidat.

“Kita akan bantu pengadaan tempat pembibitan, pemerintah daerah melalui sebuah program akan siap anggaran sekitar Rp 1 miliar,” tegasnya.

Percontohan budi daya pembesaran ikan sidat, akunya merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). “Nilai jual ikan sidat saat ini menggiurkan bahkan melebihi harga ikan napoleon yang dilarang diperjualbelikan, tapi perawatan ikan sidat tidak mudah. Karena itu, masyarakat saya ajak untuk mencoba budi daya ikan sidat dan silahkan datang ketempat ini,”ungkapnya. 

Kepala Bidang Perikanan dan Budidaya DKP Kabupaten Pangkep Dr Sabrun Jamil SPi MSi mengakui, uji coba budi daya ikan sidat yang dikembangkan bupati ini sebanyak 3000 ekor dengan delapan bak penangkaran. Budi daya ikan sidat di Kampung Leang Kassi hanya untuk pembesaran, karena ikan itu tidak mungkin bisa bertelur di wilayah tersebut.

Pembesaran ikan sidat diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 5-6 bulan, sehingga nanti dapat diketahui tingkat keberhasilannya. Sabrun menjelaskan, meskipun perawatannya tidak mudah, masyarakat dapat mempelajari cara perawatan ikan sidat dan kami siap untuk memberikan pengarahan.

“Faktor kondisi suhu disini lebih baik dibandingkan, tempat kita membeli bibit ikan sidat. Pembesaran ini sudah berjalan sekitar sebulan lebih dan belum ada masalah berarti dihadapi,”jelasnya. (ade)

Click to comment
To Top