Jampidsus Bantah Terlibat Kasus Suap Pengamanan Perkara di Kejati DKI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Jampidsus Bantah Terlibat Kasus Suap Pengamanan Perkara di Kejati DKI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, Arminsyah, membantah terlibat dalam kasus suap pengamanan perkara di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Arminsyah mengaku tidak pernah ditelepon Tenaga Ahli Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hariansyah Salman.

Telepon tersebut untuk membantu penghentian kasus yang diduga menjerat Direktur PT Brantas Abipraya, Sudi Wantoko. “‎Saya tidak pernah ada ditelepon. Enggak kenal dia (Hariansyah, Red) tidak berhubungan apa-apa,” kata Arminsyah saat ditemui di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/7).

Sebelumnya, nama Arminsyah disebut dalam sidang perantara suap Kepala Kejati DKI Jakarta, Sudung Situmorang dan Aspidsus Kejati DKI, Tomo Sitepu bernama Marudut. Seorang tenaga ahli BPK Hariansyah disebut menghubungi Armin untuk membantu penanganan perkara dugaan korupsi yang dilakukan Sudi Wantoko.

Hal tersebut diungkap Manajer Keuangan PT Brantas Abipraya, Joko Widyantoro. Joko diketahui pernah mengadakan pertemuan dengan Marudut membicarakan upaya penghentian penyelidikan kasus Sudi. Dalam pertemuan itu, turut hadir Hariansyah.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK juga memutarkan percakapan antara Joko dan Sudi Wantoko. Di mana, usai pertemuan itu Joko melaporkan kepada Sudi bahwa Hariansyah akan menghubungi Arminsyah.

Dalam perkara ini, Direktur Keuangan PT Brantas Abipraya, Sudi Wantoko dan Senior Manajer Pemasaran PT Brantas, Dandung Pamularno didakwa menjanjikan suap kepada Kajati DKI Jakarta Sudung Situmorang dan Aspidsus Kejati DKI Tomo Sitepu sebesar Rp 2,5 miliar.

Uang itu diberikan agar Sudung dan Tomo menghentikan penyidikan perkara dugaan penyelewengan penggunaan keuangan PT Brantas sebesar Rp 7 miliar. Diduga, penyelewengan tersebut dilakukan Sudi Wantoko. ‎

Sudi dan Dandung akan memberikan uang tersebut kepada kedua pejabat Kejati DKI Jakarta itu melalui Marudut. Namun, dalam perjalanan usai menerima uang, Marudut ditangkap petugas KPK dalam operasi tangkap tangan. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top