Masalah Vaksin Palsu, Ketua DPR Harap Timwas Tindaklanjuti Temuan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Masalah Vaksin Palsu, Ketua DPR Harap Timwas Tindaklanjuti Temuan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- DPR RI menetapkan 25 nama Tim Pengawas DPR vaksin palsu dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (28/7/). Penetapan ini terkait dengan pengungkapan 14 rumah sakit (RS) dan beberapa fasilitas pelayanan kesehatan yang terlibat dalam penggunaan vaksin palsu.

Adapun nama-nama yang masuk dalam tim pengawasan adalah. Abidin Fikri, Alex Indra Lukman, Imam Suroso, Ketut Sustiawan, dan Eddy Kusuma Wijaya (F-PDIP). Syamsul Bachri, Charles J. Mesang, Dewi Asmara, dan Andi Fauziah Pujiwatie Hatta (F-Golkar). Putih Sari, Suir Syam, dan Pius Lustrilanang (F-Gerindra). Dede Yusuf, Verna Gladies, dan Ayub Khan (F-Demokrat). Saleh Partaonan Daulay, dan Hang Ali, (F-PAN). Siti Masrifah, dan Marwan Dasopang (F-PKB). Adang Sudrajat, dan Ansory Siregar (F-PKS). Irgan Cairul Ahfiz, dan Ermalena (F-PPP). Irma Suryani (F-Nasdem). Serta Djoni Rolindrawan (F-Hanura).

Dalam pidato penutupan masa sidang V DPR, Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan, DPR melalui Komisi IX telah membentuk Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Peredaran Obat dan Vaksin, dan DPR juga telah membentuk Tim Pengawasan Vaksin Palsu.

“Saya berharap, agar temuan tersebut ditindaklanjuti oleh pihak terkait yang berwenang. DPR juga mendorong pemerintah melakukan peraturan tata niaga vaksin dan obat-obatan pada umumnya,” terang Ade.

Lebih lanjut Ade meminta agar Panja dan Tim Pengawasan terkait vaksin palsu yang telah dibentuk dapat bertugas dengan sebaik-baiknya sehingga dapat berkontribusi dalam mencegah peredaran obat dan vaksin palsu ke depannya.

“Saya juga berharap para pelaku peredaran vaksin palsu segera ditindak. Pemerintah juga harus melakukan langkah-langkah preventif agar kasus ini tidak terulang kembali dan saya juga mengapresiasi langkah pemerintah yang telah memberi vaksin ulang secara gratis kepada para terduga korban vaksin palsu,” tegas politisi Golkar ini. [rus]

Click to comment
To Top