Parade Budaya Jumbara PMR Semarak di Pangkep – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Parade Budaya Jumbara PMR Semarak di Pangkep

FAJAR.CO.ID, PANGKEP – Parade budaya yang di ikuti 34 Provinsi dan 10 Negara pada kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional VIII berlangsung semarak dan memukau warga masyarakat. Kegiatan yang dirangkaikan festival SOP Saudara yang merupakan agenda wisata resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), kian menambah kemeriahan dan kegembiraan baik peserta maupun masyarakat. Parade budaya dengan melakukan long march dari tugu bambu runcing, dan finis di Lapangan Citra Mas dengan kawalan pihak kepolisian.  

Tercatat ada sekitar 800 peserta parade berbaur bersama warga, Jumat 29 Juli, di Lapangan Citra Mas, Kecamatan Pangkajene, Pangkep, Sulawesi Selatan. Dari sekian jumlah peserta parade, perwakilan dari Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) paling banyak mengikutkan peserta yang mencapai ratusan orang.

Sedangkan peserta yang paling menyedot perhatian warga adalah, PMR asal Provinsi Papua dan DKI Jakarta, bahkan saking meriahnya Bupati dan Unsur Muspida ikut bergoyang bersama dengan tarian khas mereka.

Humas Jumbara PMR VIII Nasional Aulia Arriani Aeni mengakui, jika kegiatan parade budaya kali ini cukup meriah. Bahkan, dengan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah menjadikannya lebih semarak. “Kami sangat berterima kasih dengan semua pihak, sehingga parade budaya itu berjalan sukses dan lancar,”singkatnya.

Terpisah, Bupati Pangkep H Syamsuddin A Hamid SE didampingi unsur Muspida dan Panitia Jumbara PMR mengaku sangat terkejut dengan antusias para peserta parade budaya. “Saya tidak menyangka kegiatan parade budaya akan semeriah hari ini, dan kegiatan seperti ini akan sulit terjadi dan mungkin akan terakhir kali kita lihat”katanya. Pasalnya, dengan hadirnya perwakilan dari 34 Provinsi dan 10 Negara akan sulit terjadi kembali, entah kapan ada kegiatan seperti ini lagi. 

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pangkep Ahmad Djaman mengungkapkan, untuk festival Sop Saudara dari 24 pengusaha kuliner yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Sop Saudara. ” Ada 3000 mangkok sop dan 1000 ekor ikan bolu bakar, disajikan dalam festival ini,”singkatnya. (ade)

loading...
Click to comment
To Top