Ribuan Pejabat Tinggi Bakal Diuji Talent Pool – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ribuan Pejabat Tinggi Bakal Diuji Talent Pool

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menggelarTalent Pool JPT 2016 pada Agustus 2016 mendatang. Talent poolJPT yang kedua kalinya digelar ini akan diikuti 1.100 peserta dari 43 instansi, dengan rincian enam instansi pusat dan 37 instansi daerah. 

Kepala Biro Humas BKN Tumpak Hutabarat mengungkapkan, pelaksanaan Talent Pool itu adalah ajang penilaian potensi dan kompetensi para pimpinan tinggi dan kandidat pimpinan tinggi (administrator) di birokrasi.

Kegiatan itu akan dimulai pada 1- 31 Agustus 2016 di Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (Pusbang ASN BKN), Ciawi, Bogor. 

“Komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan birokrasi menuntut adanya aparatur negara dengan kompetensi tinggi. Terkait itu, diperlukan sebuah database yang memuat kompetensi ASN sehingga jika suatu ketika terdapat jabatan kosong, akan mudah ditemukan kandidat ASN pengisi jabatan tersebut,” papar Tumpak, Jumat (29/7).

Melalui Talent Pool JPT, lanjutnya, diharapkan akan terwujuddatabase ASN. Khususnya dari level administrator (kandidat JPT) dan JPT, beserta kompetensi dan potensi yang dimiliki.  Keberadaan Talent Pool ini juga untuk mewujudkan Sistem Pengkaderan pejabat tinggI ASN –termasuk pengembangandatabase profil kompetensi calon dan pejabat tinggi ASN. ‎

Sebelumnya pada 2015 BKN telah menyelenggarakan programTalent Pool JPT yang diikuti 29. Jumlah peserta  yang mengikutinya sebanyak1.024 orang. Terdiri dari pejabat pimpinan tinggi sebanyak 294 orang (28,71%) dan administrator sebanyak 730 orang (71,29%).

Dari hasil pelaksanaan Talent Pool JPT 2015, BKN kini memilikidatabase potensi dan kompetensi JPT yang masuk ke dalam kuadran I hingga kuadran IX. Untuk JPT dengan kualifikasi potensi dan kompetensi yang masuk dalam kategori rendah, BKN mengajukan saran program pengembangan. ‎(esy/jpnn)

To Top