Selidiki BPJS Palsu, Polisi Malah Temukan KIS Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Selidiki BPJS Palsu, Polisi Malah Temukan KIS Palsu

Kartu Indonesia Sehat

FAJAR.CO.ID, CIMAHI – Polres Cimahi, Jawa Barat menemukan Kartu Indonesia Sehat (KIS) palsu. Penemuan tersebut merupakan hasil dari pengembangan kasus sebelumnya, Kartu BPJS palsu. 

Radar Bandung (Fajar Group) melaporkan, bukti baru itu ditemukan saat polisi melakukan penggeledahan di Kantor Yayasan Rumah Peduli Dhuafa (RPD), di Jl. Sangkuriang, Selasa (26/7) lalu.

“Kami baru menemukan 38 KIS palsu pada saat penggeledahan. Dari keterangan tersangka, mereka sudah membuat 150 KIS,” ujar Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi.

Namun, sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi terkait penggunaan KIS oleh masyarakat. Modus yang dilakukan dalam pembuatan KIS pun tidak jauh berbeda dengan modus pembuatan kartu BPJS.

Para tersangka melakukan pengecekan warga yang menjadi pemohon pembuatan kartu. “Para tersangka mengecek data pemohon pembuatan kartu. Jika belum terdaftar sebagai penerima KIS, mereka buatkan,” katanya.

Masih terkait kasus BPJS, setelah menetapkan tersangka berinisial AS yang berstatus ketua yayasan RDP, polisi kembali menetapkan satu tersangka berinisial US.

US merupakan bawahan AS yang bertugas sebagai koordinator di Wlayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). “Dari keterangan Pelaku, dia bertugas menawarkan jasa pembuatan kartu BPJS di wilayah KBB. Untuk KIS juga dia cetak sendiri,” ujarnya. (bbb/yuz/JPG)

loading...
Click to comment
To Top