Studi Terbaru Sebut Electronic Cigarette Berpotensi Rusak Rongga Mulut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Studi Terbaru Sebut Electronic Cigarette Berpotensi Rusak Rongga Mulut

IMG_4007

FAJAR.CO.ID – Electronic cigarette (EC) belakangan ini mendapatkan pengakuan dari masyarakat sebagai alat bantu pengganti rokok yang paling efektif, bahkan sejumlah studi menyatakan bahwa EC masih jauh lebih aman dibandingkan dengan rokok konvensional yang menggunakan tembakau.

Namun studi terbaru berkata lain. Dalam hasil studi yang dirilis dalam jurnal PLOS One itu, studi ini mengungkapkan adanya bahaya pemakaian EC terhadap organ tubuh, dalam hal ini adalah mulut.

Menurut studi yang dipimpin oleh Dr. Shen Hu, seorang ahli dalam biologi oral di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, vapor EC mengandung senyawa beracun dan nano partikel yang dapat merusak lapisan luar dari sel kulit mulut.

Menggunakan simulasi mengenai bagaimana cara EC bekerja ketika digunakan oleh manusia, para peneliti melakukan penilaian terhadap zat yang terkandung dalam vapor dan mengukur penumpukan partikel dari zat-zat tersebut.

Diketahui setidaknya 85 persen dari sel rongga mulut rusak akibat penggunaan EC tersebut. Seperti halnya nikotin dan menthol, vapor EC terdiri dari besi, silika dan karbon nano partikel. Banyaknya zat yang menumpuk tergantung dari merk dan rasa dari vapor itu sendiri.

Untuk lebih mendalami tentang bahaya nyata dari EC, Dr. Shen Hu berencana untuk melakukan studi langsung pada manusia yang kesehariannya merupakan pengguna EC agar dapat mengukur dampak nyatanya.

“Harapan kami adalah untuk mengembangkan model skrining untuk memudahkan kami mengukur kadar racun dari produk EC itu sendiri, sehingga para pengguna mendapatkan informasi yang lebih jelas,” kata Shen Hu seperti dikutip dari Medical News Today.

loading...
Click to comment
To Top