Apakah Daging Merah Buruk Bagi Kesehatan? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Apakah Daging Merah Buruk Bagi Kesehatan?

sumber foto: google image

FAJAR.CO.ID—Beberapa studi menghubungkan asupan daging merah yang tinggi untuk beberapa jenis kanker, termasuk saluran pencernaan, prostat, ginjal dan kanker payudara.

Namun, di hampir setiap studi, asosiasi itu antara kanker dan daging dilakukan dengan baik, PAH atau HA, bukan daging merah itu sendiri. Studi ini menunjukkan bahwa panas tinggi memasak memiliki efek yang sangat kuat.

Dari semua kanker, kanker usus besar memiliki hubungan kuat dengan asupan daging merah. Namun hal itu tergantung pada penyajiannya. Demikian sebagaimana dilansir dari Authority Nutrition, Minggu (31/7).

Selain dari beberapa studi yang tidak membedakan antara daging olahan dan segar atau metode memasak, peningkatan risiko terjadinya berbagai penyakit, terutama kanker.

Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi risiko kanker, salah satunya adalah, daging merah dimasak pada suhu tinggi dapat meningkatkan risiko kanker, daging putih tampaknya tidak. Bahkan, satu studi menemukan bahwa konsumsi unggas dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar, bahkan ketika dimasak ke titik hangus.

Selain itu, beberapa peneliti percaya daging olahan berpotensi menyebabkan peradangan di usus besar yang meningkatkan risiko kanker. (*)

To Top