Menpar Arief Yahya Bakal Ledakkan Pesona Danau Toba 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Menpar Arief Yahya Bakal Ledakkan Pesona Danau Toba 2016

Lake_Toba,_North_Sumatera_(13)
Sumber Foto : Google Image

MEDAN – Cerita “Super Volcano Geopark” Danau Toba yang sempat menggemparkan dunia 75 ribu tahun silam lewat ledakan dahsyatnya bakal “terulang.” Kalau zaman pra sejarah itu menghasilkan kaldera dan danau terbesar di Indonesia itu, Kalau ledakan 20-21 Agustus 2016 nanti akan membuat satu dari 10 Top Destinasi Pariwisata Nasional itu semakin tersohor di dunia. “Nama peledaknya adalah Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, yang menghadirkan Slenk group music dengan fans terbanyak di Indonesia,” jelas Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Karnaval “Khatulistiwa” ini, tahun 2015 lalu dilangsungkan di Pontianak, Kalbar dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Kala itu group band yang menghibur masyarakat Kalbar juga Kaka dan kawan-kawan dengan mengusung tema besar wisata bahari. Tahun ini, lebih ke wisata alam, geopark dan juga water sport di Danau Toba, Sumatera Utara. “Sebagai destinasi, Danau Toba dulu pernah hebat dengan jumlah wisman yang besar. Toba dimasukkan dalam prioritas 10 Bali Baru dengan kategori revitalisasi, atau menata kembali, seperti juga Pulau Seribu, Borobudur dan Bromo,”  jelas Arief Yahya.

Sebagai destinasi yang pernah berjaya, 3A di Toba terus dikebut begitu ditetapkan sebagai destinasi prioritas. Akses, saat ini sudah ada direct flight Jakarta-Silangit Toba, oleh maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya. Lalu Kuala Namu-Silangit dan Batam-Silangit oleh maskapai Wing Air, group Lion. Juga Susi Air yang sudah lama terbang dari Kuala Namu-Silangit. Jalan darat, juga dibangun tol dari Kuala Namu – Tebing TInggi, pelebaran jalan dari Pematang Siantar-Parapat yang sudah mulai progress.

Akses Garuda dari Singapore-Kuala Namu juga sudah mulai dibuka kembali, yang memudahkan wisman Singapore ke Danau Toba. Atraksi, Toba sudah memiliki pemandangan alam kaldera dan kaya dengan cerita soal asal muasal danau sepanjang sekitar 117 km, seluas 30 km itu. Ada air terjun Sipiso-piso dan “Soal amenitas dan penataan kawasan, menunggu Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Danau Toba, yang salah satu tugasnya adalah membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata,” ujar Arief Yahya Menteri Pariwisata RI.

Dari sisi lokasi karnaval, akan ada dua spot berpanorama keren yang sudah disiapkan.Yang pertama, Balige di Kabupaten Tobasa. Panorama di kawasan ini tak ubahnya seperti Ubud, Bali. Sawah menghijau, berlapis-lapis, subur dan sejuk di mata. Lokasi kedua yang akan dijadikan lokasi Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2016, ada di Parapat, Simalungun. Keramahan penduduk setempat, budaya local serta kesenian tradisi mereka cukup menarik. Udara yang sejuk, lekukan perbukitan membenuk pola lukisan alam yang natural, punya daya hipnotis yang kuat buat wisatawan yang berkunjung.

Pemandangan utamanya adalah birunya air Danau Toba, sejauh mata memandang, dikelilingi perbukitan. “Betul, acara ini harus ‘meledak’ dan heboh,” sahut Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar.

Karena ingin heboh, gelaran acaranya pun dirancang tak biasa. Out of frame. Setelah menyiapkan dua lokasi itu, giliran penempatan spot panggung yang dirancang menyatu dengan alam. Kalau diletakkan di darat? Itu sih biasa. Tapi kalau mengapung? Di tengah danau dan berukuran jumbo? Yang bisa menampung berton-ton lighting, sound system untuk pentas kolaborasi pentas artis-artis top? Itu baru keren.

“Nanti akan ada sebuah panggung terapung berukuran raksasa yang didirikan di perairan Danau Toba. Persisnya di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara,” terang Raseno.

Ukurannya? Setara dengan konser-konser besar di negeri ini. Dari paparan Raseno, panggung terapung ini berukuran panjang 24 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 6 meter. Ini merupakan panggung terapung pertama yang terbesar di Toba. Nantinya, panggung terapung itu akan dijadikan panggung utama. Semua artis dan pengisi acara akan manggung di panggung terapung itu pada 21 Agustus 2016.

“Kita merencanakan ada enam agenda kegiatan.  Empat di antaranya dilaksanakan di Parapat, yakni panggung hiburan rakyat dengan menampilkan artis top. Nanti akan ada Slank dan Sammy Simorangkir serta artis-artis Ibu Kota lainnya. Ada juga opera batak, parade lampu hias, dan festival kuliner rakyat,” kata dia.

Bila tak ada perubahan, rangkaian kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. “Eksposure medianya sangat besar. Kegiatan ini akan diliput sembilan stasiun TV nasional maupun internasional, termasuk CNN dan Alzazera TV,” kata dia.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2016  menjadi ajang unjuk kecantikan Danau Toba. Wisatawan yang datang ke sini, dijamin tak akan kecewa. Siap-siaplah terkesima oleh ragam kekayaan budaya asli Batak, penampilan artis papan atas Indonesia serta panorama wow Danau Toba.(*)

loading...
Click to comment
To Top