Begini Pemicu Konflik Tanjungbalai Versi Kapolri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Begini Pemicu Konflik Tanjungbalai Versi Kapolri

komjen tito

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menilai salah satu akar permasalah konflik yang terjadi di Tanjungbalai, Sumatera Utara karena kesenjangan ekonomi serta masyarakat yang mudah terprovokasi.

Menurut dia, informasi yang menyimpang dari media sosial juga menjadi faktor cepatnya api provokasi menjalar di tengah masyarakat.

Tito mengaku pihaknya akan membentuk tim khusus yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk mengawasi statement yang berbau provokasi di sejumlah media sosial.

“Yang paling utama adalah media sosial yang mudah sekali membakar memprovokasi sehingga masyarakat terpicu. Ini lah kita memang akan bagaimana menangani media sosial,” ujar Tito saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (31/7).

Tito menambahkan, selain bekerjasama dengan Kemkominfo, pihaknya juga akan berkordinasi dengan perusahaan luar negeri yang menyediakan layanan internet dan memiliki server di Indonesia untuk mengantisipasi pernyataan-pernyataan yang berbau provokasi.

“Mungkin salah satunya dengan meminta provider internasional memiliki server disini mungkin bisa salah satu solusi, sehingga bisa mencegah dan mengantisipasi jangan ada isu provokatif di media sosial yang sangat mudah sekali,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tito mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi negatif yang membakar emosi masyarakat, sebab lanjut Tito ada tangungjawab hukum yang akan menanti.

“Sekali lagi pertanggungjawabannya bukan hanya hukum. Karena Ada hukumannya di UU ITE,  bagi penyebar hate speech dan berita-berita negatif,” ujar Tito. [rus/rmol]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top