Cara Masak Daging Seperti Ini Bisa Menyebabkan Kanker – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Cara Masak Daging Seperti Ini Bisa Menyebabkan Kanker

sumber foto: google image

FAJAR.CO.ID—Daging merupakan sumber protein yang sangat baik, serta mengandung beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, Niasin dan Selenium.

Namun, jika salah dalam melakukan penyajian atau masakan, serta salah dalam memilih daging antara daging segar dan tidak, bisa berbahaya fatal bagi kesehatan. Bahkan menyebabkan kanker dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Berikut faktanya, yang dilansir dari lama Authority Nutrition, Minggu (31/7). Dikatakan bahwa, metode memasak daging yang salah bisa menyebabkan kanker.

DAGING PANGGANG

Salah satunya dengan cara memasak daging panggang. Dijelaskan bahwa, ketika daging dipanggang atau diasapi pada suhu tinggi, maka dalam proses ini lemak dilepaskan dan menetes ke permukaan. Bahayanya jika dalam proses penetesan itu tersangkut lagi pada daging tersebut.

Sedangkan tetesan itu menghasilkan senyawa beracun yang disebut Hidrokarbon Aromatik Polisiklik (PAH) yang dapat bangkit dan meresap ke dalam daging. PAH bersifat karsinogenik, yang berarti mereka dapat menyebabkan kanker.

Namun, meminimalkan asap dan cepat menyeka tetesan dapat mengurangi pembentukan PAH hingga 89 persen.

DAGING DIMASAK DENGAN SUHU TINGGI

Salah satu cara masak lainnya yang berbahaya adalah, daging dipanaskan sampai suhu tinggi, maka akan terbentuk Amina Heterosiklik (HA) dan membentuk kerak gelap. Tingkat HA telah terbukti meningkat selama diperpanjang memasak dan dengan panjang pendinginan setelah memasak. Hal ini berbahaya bagi kesehatan. Karena dapat menyebabkan kanker.

Berikutnya, dapat mengandung Nitrat yang merupakan zat Aditif dalam daging olahan yang sebelumnya dianggap karsinogenik, namun sekarang dianggap berbahaya. Namun, para peneliti tidak setuju tentang apakah Aditif serupa yang dikenal sebagai nitrit (dengan “i”) meningkatkan risiko kanker.

Intinya: Memasak makanan pada suhu tinggi atau untuk jangka waktu yang lama dapat meningkatkan efek sampingan yang beracun mampu menyebabkan kanker.

Banyak orang mengklaim bahwa makan daging meningkatkan risiko kanker. Namun, hal ini sangat tergantung pada jenis yang anda makan dan bagaimana itu dimasak. (*)

loading...
Click to comment
To Top