Ginandjar Tutup Jumbara PMR VIII di Pangkep – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ginandjar Tutup Jumbara PMR VIII di Pangkep

FAJAR.CO.ID, PANGKEP – Penutupan pelaksanaan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) VIII Nasional, resmi ditutup oleh Pelaksana Harian Ketua Umum Palang Merah Indonesia Ginandjar Kartasasmita, Minggu 31 Juli, di di Bumi Perkemahan Tonasa I, Kelurahan Tonasa I, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep.

Ketua Panitia Jumbara PMR Nasional VIII H Muh Muaz menyebutkan jika selama pelaksanaan kegiatan banyak peserta yang terganggu kesehatannya. Tercatat dari 3.736 peserta Jumbara selama lima hari pelaksanaan, sekitar 525 lebih diantaranya harus dirawat karena sakit. “Rata-rata peserta diserang penyakit Ispa dan Diare,”katanya.

Muh Muaz mengungkapkan, peranan pemerintah daerah begitu besar dalam membantu penanganan bagi peserta yang sakit. Dan alhamdulilah kini peserta sudah sehat dan siap untuk kembali ke daerah mereka masing-masing. “Kami sangat berterima kasih atas peran serta semua pihak, sehingga pelaksanaan Jumbara berjalan sukses,”ungkapnya. Mewakili para peserta Jumbara, ucapan terima kasih tak lupa kami sampaikan kepada Bupati Pangkep H Syamsuddin A Hamid dan Wakil Bupati Pangkep H Syahban Sammana, Kapolres Pangkep AKBP Edy Kurniawan serta Dandim 1421 Pangkep Letkol Musafag beserta segenap personilnya.

Sebelumnya, Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) H Syamsuddin A Hamid SE dalam sambutan penutupan Jumbara PMR Nasional VIII menegaskan, sahabat kini bukan hanya hadir di pangkep. Akan tetapi sudah menyebar keseluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. “Sebelum dilaksanakan Jumbara PMR, Sahabat itu hanya menggema di wilayah ini. Tapi sekarang, Sahabat bukan hanya ada pangkep tapi semua peserta Jumbara adalah Sahabat,”tegasnya.

Kata sahabat merupakan singkatan dari Syamsuddin A Hamid Batara, dan itu merupakan jargon dirinya pada pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah beberapa waktu lalu. Olehnya itu sebagai kepala daerah dan sahabat PMI, perkenangkan menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dan kehilapan mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga penutupan khususnya kepada para utusan PMI Negara Sahabat dan peserta Jumbara Nasional PMR.

Pelaksana Harian Ketua Umum PMI Ginanjar Kartasasmita sebelum menutup kegiatan itu, mengucapkan terima kasih kepada PMI Provinsi Sulsel yang telah menjadi tuan rumah even lima tahunan dan juga kepada Pemerintah Kabupaten Pangkep yang mendukung penuh kegiatan selama lima hari.

Ginandjar mengatakan, bangga dengan keterlibatan sekiatr 3.738 peserta Jumbara yang menandakan adanya peningkatan peserta dibandingkan penyelenggaraan Jumbara sebelumnya.

“Ada peningkatan peserta dari seluruh PMI Provinsi, dimana hanya Provinsi Kalimantan Utara yang tidak hadir. Ini menandakan makin meluasnya pembinaan PMI dan generasi muda dibidang kepalangmerahan melalui kegiatan PMR di sekolah-sekolah,”ungkapnya.

Senada diungkapkan, Ketua PMI Sulsel Ichsan Yasin Limpo bahwa dari Jumbara ini akan lahir para pemimpin masa depan bangsa. Jumbara adalah ajang untuk melahirkan para remaja yang berakarakter. Pendidikan mental yang kuat bagi remaja dinilainya adalah modal besar untuk generasi mendatang.

“Di Jumbara karakter mereka dibentuk. Sehingga anak-anak remaja PMR ini akan siap untuk menjadi pemimpin ke depannya. Pemimpin yang tentu mempunyai karakter,”ungkap Mantan Bupati Gowa tersebut. (ade)

To Top