Kenali 6 Pertanda Awal Sebelum Terjadinya Serangan Jantung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Kenali 6 Pertanda Awal Sebelum Terjadinya Serangan Jantung

IMG_4060
Foto: wellnessbeen.com

FAJAR.CO.ID – Serangan jantung pada manusia biasanya disebabkan oleh penyumbatan arteri akibat penumpukan plak, mengakibatkan berkurangnya pasokan darah dan matinya jaringan jantung akibat tidak dialiri darah.

Serangan jantung tidak hanyak menyakitkan namun juga dapat berakibat fatal. Dengan mengetahui gejala awal yang ditimbulkan pada diri anda atau orang yang anda kasihi, selalu ada cara pencegahan atau setidaknya mengurangi dampak dari serangan itu sendiri.

Dilansir The Boren Mind, anda dapat mengetahui kapan anda atau seseorang akan mengalami serangan jantung satu bulan sebelum serangan tersebut terjadi. Berikut adalah tanda-tandanya:

1. Nafas yang pendek
Ini adalah gejala awal dan paling banyak terjadi pada manusia yang mengindikasikan akan ada serangan jantung ke depannya. Bicara wanita, mereka yang mengalami hal ini adalah mereka yang memiliki resiko tertinggi mengalami serangan jantung.

2. Tekanan pada bagian dada
Hampir semua serangan jantu menunjukan adanya perasaan tidak nyaman pada area dada. Perasaan terebut biasanya dapat bertahan dalam beberapa menit lalu berhenti untuk kemudian datang lagi.

3. Pembengkakan
Masalah jantung biasanya dapat berujung pada pembentukan cairan pada beberapa bagian tubuh yang dapat menyebabkan pembengkakan seperti pada daerah kaki danperut. Hal ini dikarenakan peningkatan berat badan yang mendadak dan terkadang hilangnya nafsu makan..

4. Kelelahan
Pada wanita, kelelahan yang tanpa sebab dapat muncul satu minggu sebelum serangan terjadi. Merasa kelelahan sepanjang hari merupakan gajala pasti dari kegagalan fungsi jantung.

5. Melemahnya otot
Rasa sakit dan lemah pada oto merupakan salah satu gejala kuat yang mengindikasikan serangan jantung. Otot seseorangan akan mulai merasa lemah ketika kurangnya sirkulasi darah pada tubuh, yang juga menyebabkan kurangnya sirkulasi oksigen di seluruh bagian tubuh.

6. Keringat dingin
Jika anda merasakan pusing-pusing tanpa ada alasan yang jelas dibarengi dengan keringat dingin yang tak terhentikan, menunjukan indikasi terjadinya kondisi awal infrark, atau penyumbatan pembuluh nadi yang terkadang juga terjadi pada pembuluh balik.

Terkadang ciri-ciri diatas tidak lebih dari sekedar perasaan yang tidak nyaman dan tidak berarti sinyal awal dari serangan jantung. Anda dapat membedakan apakah gejala-gejala tersebut sebagai gejala nyata dengan melihat histori keluarga anda terhadap penyakit tersebut dan apakah anda seorang penderita darah tinggi dan kolesterol tinggi yang memungkinkan gejala tersebut sebagai pertanda nyata. Jika ada gejala-gejala mengkhawatirkan muncul, konsultasikan masalah anda dengan dokter terkait.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top