Ahok, Risma dan Kang Emil Kandidat Terbaik Cagub DKI Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Ahok, Risma dan Kang Emil Kandidat Terbaik Cagub DKI Jakarta

Ridwan Kamil

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ridwan Kamil (Emil), dan Tri Rismaharini menjadi tiga kandidat terbaik sebagai calon Gubernur DKI pada Pemilihan Kepala Daerah DKI 2017. 

Hal ini didasarkan pada survei Opinion Leader ‘Menakar Kandidat DKI 1’, yang dirilis oleh Laboratorium Psikologi Politik UI, pimpinan Prof. Dr. Hamdi Muluk. 

Survei yang dilakukan dari 13 Juni-28 Juli 2016 ini menilai dua dimensi terpenting yang harus dimiliki oleh pemimpin, yakni kapabilitas dan karakter personal. Sebanyak 206 orang pakar yang berpartisipasi dalam survei.

Para pakar tersebut diminta menilai sembilan tokoh yang telah dipilih melalui FGD‎, yakni Ahok, Emil, Risma, Djarot Saiful Hidayat, Sandiaga Uno, Suyoto, Sjafrie Sjamsoeddin, Yoyok Riyo Sudibyo, dan Yusril Ihza Mahendra. Para tokoh ini dipilih berdasarkan kriteria rekam jejak dan prestasi serta telah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai cagub DKI.

“Dari keseluruhan aspek, hasil survei ini menunjukkan bahwa Ahok, Emil, dan Risma secara konsisten berada di peringkat tiga terbaik dari semua calon yang dinilai,” kata Hamdi di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (1/7).

Dalami simulasi terbuka tanpa memberikan nama tokoh, Ahok menjadi top of mind para pakar dengan elektabilitas 47,29 persen. Sementara, ‎Risma dengan 11,33 persen dan Emil 6,9 persen. 

Hasil survei ini juga‎ mengungkapkan ada tiga tokoh yang paling direkomendasikan pakar untuk menjadi Gubernur DKI. Ada pun tokoh yang paling direkomendasi adalah Ahok dengan 79,74 persen. Kemudian disusul oleh Emil dan Risma.

Sementara, yang paling tidak direkomendasi pakar untuk menjadi Gubernur DKI adalah Yusril dengan 43,8 persen. Kemudian ada Sjafrie dengan 17,33 persen dan ‎Sandiaga dengan 29,78 persen. (gil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top