Bagaimana Posisi Tidur yang Tepat untuk Merawat Kesehatan Jantung Anda? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Bagaimana Posisi Tidur yang Tepat untuk Merawat Kesehatan Jantung Anda?

Seks Berlebihan Picu Penyakit Jantung
sumber foto: google image

JANTUNG adalah organ paling penting dalam tubuh manusia. Organ inilah yang bekerja memompa darah ke sekujur tubuh tanpa henti.

Maka menjaga dan merawatnya dalam segala kondisi, penting bagi kesehatan atau kelangsungan hidup anda.

Banyak orang yang belakangan secara tiba-tiba terkena serangan jantung, baik dalam posisi tidur maupun sedang melakukan aktifitas lain.

Dalam pembahasan ini, akan diungkap bagaimana posisi tidur yang ideal untuk merawat kesehatan jantung anda. Kami akan memulai ini dengan mengungkap sebuah fakta menarik dari hadits Rasulullah saw, berikut kutipannya:

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

Rasulullah saw menganjurkan manusia untuk tidur miring ke kanan. Hal ini sejalan dengan manfaat duniawi yang akan diperoleh, dan lebih penting adalah manfaat untuk akhiratnya.

Manfaat duniawi adalah, anjuran Rasulullah saw sejalan dengan posisi organ tubuh manusia. Yaitu posisi jantung dan lambung yang berada di sebelah kiri.

Jika tidur miring ke kanan, maka jantung akan berada pada posisi idealnya di sebelah kiri. Serta paru-paru kiri tidak berpengaruh pada jantung.

Ilustrasi Organ Tubuh Manusia. Sumber Foto: Google Image.

Adapun jika tidur berbalik ke kiri, maka posisi jantung tidak berada pada keadaan idealnya, sebab pergerakan atau pergeseran paru-paru kanan yang dikenal lebih besar, akan menekan posisi paru-paru kiri, sedangkan ukuran paru-paru kiri kecil, penekanan ini akan mempengaruhi kinerja jantung, serta menggeser posisinya menjadi tidak stabil.

Hal ini telah dibuktikan dalam berbagai hasil penelitian, baik oleh ilmuwan muslim maupun ilmuwan barat. Dan hasil penelitiannya telah tersebar luas di berbagai jurnal dan artikel.

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, seorang ulama terkemuka yang hidup 700 tahun lalu, memaparkan dalam kitabnya Zadul Ma’ad, bahwa hikmah di balik anjuran tidur berbaring miring ke sebelah kanan, adalah agar orang yang tidur tersebut tidak terlelap dalam tidurnya. Sebab jantung posisinya condong berada di sebelah kiri, sehingga apabila ia tidur berbaring miring ke sebelah kanan, maka jantung akan bergerak ke posisi stabilnya dari sisi kiri.

Tidur berbaring ke kanan membuat orang dapat dengan mudah terbangun di malam hari untuk melaksanakan shalat, juga di waktu subuh. Sebab tidurnya berkualitas, dikarenakan organ tubuh berada dalam posisi stabil. Inilah manfaat akhiranya. (*)

Source: Klik di Sini

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top