Duh, Calon Bupati Kendal Juga Terima Ratusan Juta dari Damayanti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Duh, Calon Bupati Kendal Juga Terima Ratusan Juta dari Damayanti

Damayanti Wisnu Putranti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Widya Kandi Susanti dan Muhammad Hilmi mengaku menerima uang sumbangan kampanye dari Anggota Komisi V DPR Fraksi PDI Perjuangan, Damayanti Wisnu Putranti. 

Sumbangan masing-masing Rp 150 juta itu diberikan lantaran Widya dan Gus Hilmi merupakan paslon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan. ‎Widya yang menjabat bupati Kendal periode 2010-2015, mengaku dihubungi secara mendadak oleh sekretaris DPC PDI-P pada 29 November 2015. 

Dia kemudian diminta menghadiri acara sosialisasi empat pilar yang digelar anggota DPR dari PDI-P. Dalam acara itulah Widya mengaku pertama kali mengenal Damayanti serta dua rekannya Dessy A Edwin dan Julia Prasetyarini.

“Saya ke sekretariat DPC PDI-P, saya ketemu Julia dan Dessy. Kami ngobrol kenalan, sekitar 20 menit damayanti datang. Baru kenal,” kata Widya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (1/8).

Setelah acara itu, ketiganya berkunjung ke rumah Widya. Menurut Widya, Damayanti memberikan uang yang dibungkus amplop cokelar saat tengah berkunjung ke rumahnya.”Waktu mau pulang nitip ke saya, ini ada bantuan sedikit untuk partai,” ujar Widya. 

Malam harinya, Widya baru membuka amplop pemberian Damayanti dan mengetahui uang tersebut berjumlah Rp 150 juta. Uang itu digunakan untuk konsolidasi, konsumsi, dan operasional partai. 

Senada, pasangan Widya, politikus PKB Muhammad Hilmi juga mengaku menerima uang Rp 150 juta dari Damayanti. Uang itu dia terima saat berkumpul di rumah Widya Kandi usai sosialisasi empat pilar. 

Menurut Hilmi, dia juga mengajak serta sang kakak, Anggota Komisi V DPR Fraksi PKB Alamuddin Dimyathi Rois. “Saya ajak kakak saya,” kata Hilmi.

Setelah ngobrol, Damayanti menyampaikan kepadanya bahwa bantuan untuk partai berupa uang sebesar Rp 150 juta. Uang itu digunakan untuk sosialisasi pencalonan dan membeli stiker kampanye. “Tapi sudah saya kembalikan pada KPK,” pungkasnya.

Diketahui, Widya Kandi Susanti dan Gus Hilmi kalah dalam pemilihan kepala daerah Kendal, Jawa Tengah. (put/jpg)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top