Hakim Pengadilan Tinggi Jabar Diduga Terlibat Suap Perkara Saipul Jamil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Hakim Pengadilan Tinggi Jabar Diduga Terlibat Suap Perkara Saipul Jamil

Juru Bicara KPK, Yuyuk Andriati

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Hakim Pengadilan Tinggi Jawa Barat Karel Tuppu. Karel diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penanganan perkara pedangdut Saipul Jamil di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Karel telah keluar gedung KPK sekitar pukul 18.00 WIB. Sayangnya, dia enggan memberikan komentar soal materi pemeriksaan hari ini yang berlangsung selama delapan jam.

Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati mengatakan, Karel diperiksa untuk tersangka Samsul Hidayatullah, kakak dari Saipul Jamil.

“Pemeriksaan untuk mendalami tentang dugaan adanya komunikasi antara yang bersangkutan dengan tersangka,” kata Yuyuk saat dikonfirmasi, Senin (1/8).

Diduga, ada pembicaraan Karel yang terkait perkara Saipul. Karel diketahui merupakan suami dari pengacara Saipul, Berthanatalia, yang berstatus tersangka pemberi suap kepada Panitera PN Jakut Rohadi.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan empat tersangka. Dua tersangka merupakan pengacara Saipul Jamil yaitu Berthanatalia dan Kasman Sangaji.

Kemudian, panitera PN Jakut Rohadi, dan kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah.

Rohadi ditangkap usai menerima uang suap Rp 250 juta dari dua pengacara Saipul Jamil, Khasman dan Berthanalia, serta kakak Ipul, Samsul Hidayatullah.

Suap itu diduga diberikan agar majelis hakim PN Jakut memberikan vonis bebas atas perkara pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan Saipul Jamil. KPK juga menduga sumber uang tersebut berasal dari Saipul Jamil. (put/jpg)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top