Ini Alasan Haris Azhar Baru Ungkap Kesaksian Freddy – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Hukum

Ini Alasan Haris Azhar Baru Ungkap Kesaksian Freddy

42310_60762_Kontras Haris Azhar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Koordinator Kontras Haris Azhar membeberkan alasan mengapa dia baru mengungkap kesaksian Freddy Budiman ke publik. Katanya, perkara itu tidak mudah diungkapkan.

Selama dua tahun, Haris mencoba meneliti di balik pernyataan Freddy dari fakta hukum yang ada. Dokumen pledoi di website Mahkamah Agung (MA) pun coba ditelusuri. Namun, yang ditemukan hanyalah putusan kasusnya saja. Putusan itu pun tidak mencantumkan keterangan Freddy Budiman.

Ketika menggali keterangan Freddy di Pengadilan Negeri, hasilnya nihil. Panitera tidak memberikannya. Mensiasati penelusuran melalui internet, kata Haris, sudah dibersihkan. 

Tidak ada pemberitaan apapun mengenai fakta persidangan Freddy. Karena itu, ia curiga bahwa yang dikatakan Freddy terkait adanya oknum penegak hukum maupun pemerintahan yang terlibat dalam peredaran narkoba adalah benar.

Mengapa tidak dilaporkan ke pihak kepolisian? Kata Haris, ini bukanlah kasus kecil. Pengakuan Freddy adalah kasus bombastis yang sangat dibenci masyarakat.

Berkaca pada kasus-kasus adanya keterlibatan oknum penegak hukum maupun pemerintah terkait sindikat peredaran narkoba tidak digubris pihak kepolisian, Haris tidak mau hal serupa juga dilakukan pada pengakuan Freddy.

“Kita tau menguapnya kayak gimana kasus-kasus itu. Itu kasus yang ringan-ringan, apalagi kasus yang besar-besar seperti ini. Inikan bukan kasus maling ayam,” tegasnya di Kantor YLBHI, Jakarta, Minggu (31/7).

Haris mengaku, dibongkarnya pernyataan Freddy pun lantaran eksekusi telah dilaksanakan dan terbilang senyap. Padahal, menurutnya, Freddy bisa menjadi saksi untuk mnyebutkan siapa saja oknum pejabat tinggi yang terlibat dalam bisnis barang haram tersebut.

Dia menegaskan tidak ada motif apapun dalam penyebaran tulisan itu. Haris hanya ingin meneruskan informasi yang didapatkannya. Sebab, selama dua tahun menyimpan rahasia itu, dia merasa terbebani.

“Dua tahun saya simpan informasi dari Freddy Budiman. Saya secara pribadi agak beban juga, tapi kan juga dua tahun tugas saya melihat, yang mana yang bisa saya gunakan. Saya menunggu momentumnya,” tutur Haris.

Di sisi lain, dia mengimbau agar pihak-pihak yang ingin melemahkan kesaksian tersebut, bisa menggunakan argumentasi yang lebih baik.

“Jangan sekedar asal ngejeplak doang. Itu makin menunjukan bahwa pejabat-pejabat negara itu menganggap enteng kejahatan-kejahatan di negara ini dan itu makin menambah buruk muka mereka, nama mereka,” pungkasnya. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top