Ini Penyebab Masih Tinggi Pelanggar di Uji Coba Ganjil Genap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Jabodetabek

Ini Penyebab Masih Tinggi Pelanggar di Uji Coba Ganjil Genap

Petugas Polwan memberikan informasi kepada pengemudi mengenai uji coba penerapan sistem lalu lintas plat Ganjil-Genap di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (27/7). Uji coba penerapan sistem lalu lintas plat Ganjil-Genap mulai diberlakukan dan akan berlangsung hingga tanggal 26 Agustus 2016, penerapan tersebut diberlakukan di rute eks kawasan 3 in 1 yaitu Jalan Sisingamangaraja, Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Medan Merdeka Barat, dan sebagian Jalan Gatot Subroto. Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Saat ini masih berlangsung uji coba sistem ganjil genap nomor polisi di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Polisi menyebutkan, berdasarkan catatan uji coba ini terdapat 3 sebab pengendara masih menerobos jalanan ganjil ganap.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, sejak diberlakukannya uji coba, setiap hari pelanggaran selalu meningkat. Padahal, polisi selalu melakukan sosialisasi pula di kawasan ganjil genap.

“Analisa sementara penyebab kenaikan, masih adanya masyarakat yang belum tahu program itu,” ujarnya, Senin (1/8).

Selain itu, kata Budiyanto, cara bertindak dengan menegur lisan pada pengendara yang melanggar itu ternyata belum mampu memberikan efek jera sehingga hanya dianggap permisif belaka.

“Ketiga, memang ada cenderung untuk melanggar dari pengendara,” tuturnya.

Maka itu, tambahnya, perlu adanya penyesuaian bertindak di lapangan, memberikan sosialisasi dengan lebih gencar, seperti ke perguruan tinggi pula yang ada di Jakarta ini.

“Memang ke depan harus lebih giat lagi dalam bersosialisasi,” tutup dia. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top