KontraS Khawatir Testimoni Freddy Budiman Hanya Menguap Seperti Kasus Lain di Kepolisian – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Hukum

KontraS Khawatir Testimoni Freddy Budiman Hanya Menguap Seperti Kasus Lain di Kepolisian

Freddy Budiman

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Haris Azhar mengaku punya pengalaman mengenai sejumlah laporan yang dilayangkan KontraS ke Kepolisian RI.

Menurut Haris dari ribuan kasus yang dilaporankan KontraS ke Kepolisian, tidak satu kasus pun yang langsung ditangani. Hal ini, lanjut Haris menjadi alasan mengapa dirinya tak mau melaporkan terkait informasi yang didapatnya saat mewawancara terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman.

“Saya nggak mungkin melaporkan begitu saja, di KontraS kita ada pengacara-pengacara HAM yang punya pengalaman ribuan kasus kita laporkan ke polisi dan kita tahu itu nguapnya bagaimana kasus itu (pelanggaran HAM). Itu kasus yang ringan-ringan apalagi kasus yang besar seperti ini,” ungkap Haris saat ditemui di kantor Yayasan Lembaha Bantuan Hukum (YLBHI) Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/7).

Meski demikian, dirinya mengaku telah dipanggil dan bertemu oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar terkait informasi yang didapatnya itu.

Dalam pertemuan tersebut papar Haris, Irjen Boy menanyakan bagaimana dirinya bisa mendapatkan keterangan dari Freddy Budiman seperti yang ditulisnya. Selain itu, lanjut Haris, Irjen Boy juga menanyakan pendapatnya mengenai kemungkinan adanya proses penyelidikan mengenai informasi-informasi yang didapat.

“Pak Boy juga nanya, kalau diteruskan kira-kira menurut Pak Haris serperti apa, saya memunculkan beberapa hal. Pak Boy bilang oke, kata pak Boy, nanti saya laporkan ke Kapolri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Haris menegaskan, dirinya tidak memiliki kepentingan dan motif tertentu untuk menyebarkan informasi yang didapat dan disebar melalui media sosial. Haris mengaku langkah mempublikasikan informasi hasil wawancaranya dengan Freddy Budiman merupakan beban moral kepada masyarakat. [rus/rmol]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top