Praperadilan Rohadi Ditolak, Perkara Pengamanan Bang Ipul Jalan Terus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

Praperadilan Rohadi Ditolak, Perkara Pengamanan Bang Ipul Jalan Terus

222517_3166_Samsul_kakak_saipul_jpnn
FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menolak permohonan praperadilan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi.

Tafsir Sembiring Meiala selaku hakim tunggal menganggap PN Jakpus tidak memiliki kewenangan untuk mengadili perkara praperadilan yang diajukan Rohadi melalui anaknya Rian Seftriadi.

“Mengadili, menyatakan permohonan praperadilan pemohon tidak dapat diterima,” ujar Hakim Tafsir Sembiring, di PN Jakpus, jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Senin (1/8).

Pertimbangan Hakim tersebut sejalan dengan pendapat ahli yang diajukan oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “PN Jakpus tidak berwenang mengadili praperadilan KPK dalam hal ini berdasarkan pendapat saksi Yahya Harahap yang mengatakan praperadilan diajukan di tempat di mana penangkapan, penggeledahan, penyitaan dilakukan,” ujar dia.

Rohadi sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait perkara hukum bagi terdakwa Saipul Jamil.

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan membenarkan bahwa kasus suap tersebut terkait perkara tindak pidana percabulan dengan terdakwa pedangdut Saipul Jamil. Menurut Basaria, suap tersebut diberikan agar hakim memberikan vonis ringan bagi Saipul Jamil.

Saipul menginginkan agar hakim memberikan vonis yang lebih kecil dari tuntutan jaksa selama tujuh tahun penjara dan denda Rp 100 juta. Hasilnya, Saipul hanya divonis tiga tahun penjara oleh majelis hakim di PN Jakarta Utara.

Selain Rohadi, KPK menetapkan tiga tersangka lainnya, yaitu dua orang pengacara Saipul Jamil, Bertanatalia dan Kasman Sangaji, kemudian kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah. [sam/rmol]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top