Sebelum 17 Agustus, Demokrat Sudah Tetapkan Cagub DKI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Sebelum 17 Agustus, Demokrat Sudah Tetapkan Cagub DKI

Syarief Hasan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Demokrat segera menetapkan bakal calon yang akan diusung dalam pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta pada 2017 mendatang.

Nama yang akan diusung dibahas oleh forum majelis tingkat tinggi yang diketuai langsung Susilo Bambang Yudhoyono.

“Paling lambat minggu kedua sebelum 17 Agustus kita sudah menentukan siapa yang akan kita usung dan dukung,” ujar Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan‎ di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/8). 

Sejauh ini Demokrat masih memetakan tokoh-tokoh yang akan maju dalam Pilgub DKI.  Mereka mempelajari sejauh mana elektabilitas, integritas, maupun kompetensi dari masing-masing tokoh itu.

‎Koalisi partai pun masih sangat terbuka. Sejauh ini, sudah ada koalisi yang tercipta. Yakni, Partai Golkar, Hanura, dan Nasdem. 

Yang berpeluang membentuk koalisi adalah antara Demokrat, PAN, PKS, dan PPP. 
Sedangkan PDIP, partai berlambang banteng itu bisa saja berkoalisi maupun mengusung calonnya sendiri. 

“Jadi ada beberapa alternatif untuk kita nanti. Kalau ada tiga calon, semakin meningkatkan kualitas demokrasi di pilgub DKI,” sebutnya. 

Kendati demikian, Syarief mengakui, komunikasi Demokrat dengan Gerindra cukup efektif. Bahkan, bisa disebut, tinggal mencari siapa yang tepat untuk kedua partai itu.

“Tinggal kita mencocokkan saja. Kalau namanya sama, bisa lebih bagus, tergantung hasil rapat majelis tinggi Partai Demokrat,” sebut dia. 

Begitupula komunikasi dengan PDIP yang katanya cukup cair. ‎”Berdasarkan pengalaman dari pilkada-pilkada kemarin di banyak daerah kami berkoalisi dengan PDIP,” imbuhnya. 

Namun, kemungkinan mengusung kader internal dalam Pilgub DKI ‎juga masih terbuka kesempatannya. “Lagi-lagi saya katakan tergantung dari hasil majelis tinggi nanti,” pungkas legislator asal Jawa Barat itu. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top