Wah, Walikota Semarang Akui Terima Rp300 Juta dari Damayanti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Wah, Walikota Semarang Akui Terima Rp300 Juta dari Damayanti

Damayanti Wisnu Putranti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi V DPR Damayanti Wisnu Putranti diketahui membantu dana kampanye sejumlah calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan. Salah satunya, kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat tengah maju di Pilkada Jawa Tengah November 2015.

Hal tersebut lantas diakui Hendrar dalam sidang perkara suap Damayanti di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (1/8).

Hendrar mengatakan, dirinya sudah cukup lama mengenal Damayanti yang merupakan rekan satu partainya. Pertemuan pertama antara Hendrar dan Damayanti terjadi atas perkenalan yang dilakukan Anggota Komisi V DPR Fraksi Golkar Budi Supriyanto.

‎”Kedua, akhir 2015 seingat saya November, ada Julia, Dessy, dan Damayanti dan menyerahkan bantuan untuk kepentingan partai pilkada,” kata Hendrar.

Hendrar mengatakan, penerimaan uang sebesar bantuan dari Damayanti itu dilakukan di Hotel Novotel Semarang, Jawa Tengah. Selain bersama Damayanti, Dessy, dan Julia, Hendrar pun didampingi stafnya Farkhan Hilmi saat penyerahan uang tersebut.

“Bicaranya ada bantuan dari teman-teman di Jakarta yang terima Farkhan. Saya suruh uang diserahkan ke sekretariat partai,” ujar Hendrar.

Menurut Hendrar, setelah kejadian operasi tangkap tangan (OTT) Damayanti pada Januari 2016, dia baru mengetahui bahwa uang yang diterimanya dari Damayanti sebesar Rp 300 juta.

Uang tersebut juga telah digunakan untuk kegiatan tim sukses DPC, konsolidasi partai di tingkat ranting, dan pembuatan kaos. Saat ditanya apakah bantuan kampanye dari rekan sesama kader partai sudah biasa dilakukan, Hendrar menilai itu suatu hal yang wajar.

“Ya kehebatan partai kita seperti itu, gotong royong,” tuturnya.

Lebih lanjut Hendrar mengaku tidak mengetahui asal-muasal uang kampanye yang diberikan Damayanti kepadanya. Uang itu juga telah dia kembalikan kepada penyidik KPK.

Dalam dakwaan disebutkan, Damayanti meminta Direktur PT Windhu Tunggal Utama (WTU) Abdul Khoir untuk menyumbang uang keperluan Pilkada Jawa Tengah sebesar Rp 1 miliar. Damayanti kemudian memberikan Rp 300 juta kepada Hendrar Prihadi melalui stafnya Farkhan Hilmi.

Politikus PDI-P itu juga memberikan bantuan kampanye kepada paslon bupati dan wakil bupati Kendal, Widya Kandi Susanti dan Muhammad Hilmi masing-masing Rp 150 juta.

Sementara sisanya digunakan Damayanti sebesar Rp 200 juta, dan diberikan kepada dua rekan Damayanti, Dessy A Edwin dan Julia Prasetyarini masing-masing sebesar Rp 100 juta. (put/jpg)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top