Waspada..!! Golkar Sulsel Berpotensi Terbelah di Pilgub – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Waspada..!! Golkar Sulsel Berpotensi Terbelah di Pilgub

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Pengurus dan kader Partai Golkar di Sulsel berpotensi akan terbelah jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 20118 mendatang.

Potensi dukungan kader terbelah jika DPP Golkar memberi dukungan ke Wakil Sekjen (Wasekjen) DPP Ahmad Taribali Lamo, sementara masih banyak pengurus dan kader yang loyal kepada Ichsan Yasin Limpo, Agus Arifin Nu’mang dan HM Roem.

Merujuk pada Pilgub 2007, dimana Ketua Golkar Sulsel HM Amin Syam yang berpasangan Mansyur Ramli diusung koalisi Golkar dan PKS harus menghadapi Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menggandengn sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Agus Arifin Nu’mang (Sayang jilid 1).

SYL dan Agus sama-sama kader Golkar berseberangan dengan Ketua DPD I Amin Syam yang akhirnya Pilgub dimenangkan Sayang jilid 1 yang diusung koalisi PAN, PDK, PDIP, PDS dan PKPI.

Pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir memberikan gambaran bila semua tergantung SYL. “Kuncinya di SYL , jika masih ingin menjadi Ketua DPD I, maka kader Golkar akan solid, Tanribali memang solusi bagi Golkar jika SYL memutuskan untuk tidak maju lagi di Musda nanti,”ujar Suwadi, Minggu (31/7).

Menurut Suwadi, saat ini kader Golkar masih ingin SYL jadi ketua, sebab Gubernur Sulsel dua periode ini dianggap berhasil memimpin dan sosok SYL dianggap lebih humanis sehingga kader masih merasa nyaman dipimpin.

“Adapun daya tarik Taribali adalah calon wakil Gubernur Nurdin Abdullah yang memiliki tran survei sangat bagus, tentu Golkar merasa Tanribali aset dan kader potensial untuk menggantikan Komandan jika tak ingin lagi memimpin Golkar,” jelasnya.

Potensi kapal golkar akan pecah jelang Pilgub Sulsel juga mendapat pembenaran dari Dosen politik Unismuh Makassar, Arqam Azikin, Minggu (31/7). Menurut Arqam, partai Golkar selalu menghadapi tantangan yang berbeda, namun akhirnya selalu menemukan solusi atau jalan keluar.

“Itu bahagian dari tantangan Golkar kedepan di proses Pilgub Sulsel, tentunya dinamika suara Golkar akan ditentukan oleh siapa diantara Ichsan YL dan Taribali yang mampu membuat basis politik di kabupaten Kota,”jelas Arqam.

Wakil Ketua Golkar Sulsel HM Roem enggan berspekulasi soal ancaman dukungan kader akan terbelah di Pilgub nanti seperti 2007 lalu. “Pilgub masih lama, masih ada waktu yang dapat diperbuat Golkar kedepan,”jelas Roem yang juga Ketua DPRD Sulsel ini. (rif/bkm)

loading...
Click to comment
To Top