Hindari Hukum Keras, Jabhat Al-Nusrah Pisah dari Al Qaeda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Internasional

Hindari Hukum Keras, Jabhat Al-Nusrah Pisah dari Al Qaeda

ar-JN

FAJAR.CO.ID, SURIAH- Jabhat al-Nusrah, salah satu kelompok oposisi suriah kini telah memutuskan hubungan dengan Alqaedah. selain itu, Kelompok yang dipimpinan Dr. Ayman Zawahiri ini juga mulai merubah namanya menjadi Jabhat Fateh Al-Sham (JFS).

Awalanya Kelompok oposisi ini di bawah naungan Alqaedah, namun dengan dalih menyatukan Faksi-faksi Jihad di Suria, Kelompok ini nyatakan memutuskan hubungan dengan Al Qaeda. 

Dilansi BBC, Mostafa Mahamed, salah satu orang penting dalam kelompok itu mengatakan bahwa, sebelumnya Al-Nusrah adalah cabang resmi al Qaeda. Setiap pertempuran, dan kebijakan lainnya mereka selalu melaporkan ke Komando Pusat yang dipegang Alqaeda. 

“Dengan terbentuknya JFS, atau Jabhat Fateh Al-Sham, kami benar-benar independen. Itu berarti kita tidak melaporkan kepada siapa pun, kami tidak menerima arahan kami dari setiap entitas eksternal.” ungapnya kepada BBC

Pakar Timur tengah, Charles Lister, mengatakan “langkah itu telah diisukan lama, karena elemen dalam Jabhat al-Nusra telah berdebat demi sebuah perpecahan sejak 2013.

Menurut Lister, ” Perpisahan Jabah Al Nusrah dari Alqaedah, Alasannya unutk menjauhkan diri dari beberapa kelompok Islam yang lebih haus darah. “Meraka tidak menerapkan hukum berat: Seperti Potongan Tangan bagi pencuri, Rajam bagi pezina, dan lainya.

Listen menilai, Sikap seperti ini untuk mencari popularitas kelompok ke warga suriah, yang mana tujuan berikutnya untuk merangkul semua gerakan massa di Suriah. (Bbc/Ed/Fajar)

 

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top