Tidak Ada Kaitan Antara Obesitas Anak dengan Makan Malam di Atas Jam 9 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Tidak Ada Kaitan Antara Obesitas Anak dengan Makan Malam di Atas Jam 9

IMG_4306
Foto: webMD

FAJAR.CO.ID – Sebuah studi baru menunjukan fakta yang berlawanan dengan studi-studi sebelumnya tentang dampak yang dihasilkan oleh anak yang menyantap makan malamnya di atas jam 9 malam.

Dalam sebuah studi yang dilakukan King College di London yang meneliti kebiasaan makan 1.620 anak, ditemukan bahwa tidak adanya resiko yang lebih besar yang menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan antara mereka yang menyantap makan malam antara jam 8 hingga10 malam dengan mereka yang makan malam antara jam 2 siang hingga jam 8 malam.

Dilansir Independent, data tersebut didapat dari National Diet and Nutrition Survey Rolling Programme Inggris, yang telah mengumpulkan informasi tahunan dari buku harian makanan yang dibuat anak dan orang tua empat hari seminggu, antara tahun 2008 dan 2012.

Anak-anak tersebut kemudian digolongkan dalam dua kelompok umur; 4 hingga 10 tahun dan 11 hingga 18 tahun. Tidak hanya itu, ukuran tinggi dan berat badan anak-anak juga digunakan untuk menghitung BMI (body mass index) mereka.

Pada Anak laki-laki berusia antara 4 dan 10 yang terlambat makan malam diketahui mengkonsumsi lebih banyak protein, sedangkan anak perempuan berusia antara 11 dan 18 tahun, makan lebih sedikit karbohidrat sebagai bagian dari asupan harian mereka ketika menyantap makan agak malam.

Para peneliti menetapkan bahwa perbedaan yang ditunjukan ini tidak membenarkan kesimpulan yang bisa ditarik tentang diet anak-anak, kendati studi itu sendiri dilakukan dalam kapasitas terbatas karena memasukan faktor lain seperti data anak yang tidak sarapan, termasuk tingkat aktivitas anak atau berapa banyak tidur yang mereka dapatkan.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top